Dua Pekerja Tambang di Konut Tewas Tertimbun Ore Nikel

1701
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dua pekerja tambang tewas tertimbun tanah, saat mengambil sampel ore nikel di Desa Morombo, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa 10 Maret 2020, sekira pukul 15.00 WITa.

Kedua korban merupakan pekerja tambang di PT Natural Persada Mandiri (PT NPM) yang beroperasi di Desa Morombo. Keduanya diketahui bernama Edy Sudrajad (24) dan Andri (21).

- Advertisement -

Menurut keterangan warga berinsial Ode menceritakan, kejadian bermula saat kedua pekerja tambang (korban) mengambil sampel dan mengukur ketebalan ore nikel. Operator Eksavator menggali tanah sedalam 7-10 meter, setalah tanah itu digali, kedua korban turun ke dalam lobang tersebut.

“Tiba-tiba tanah dari atas itu longsor dan menimbun dua korban. Saat tertimbun tanah, salah satu korban (Edi Sudrajad) sempat meminta pertolongan melalui radio Handy Talkie (HT), Edi Sudrajat ini adalah teman saya,” jelas Ode, Rabu 11 Maret 2020.

Ketika dua korban tertimbun tanah, operator Eksavator panik dan langsung menggali menggerakkan Baker Eksavator hingga mengakibatkan dua korban kena kuku Baket. Edi lehernya patah dan Andri pinggangnya bocor.

Kabid Humas Polda Sultra AKBP Laode Proyek membenarkan kejadian itu. Laode, menuturkan, korban meninggal dunia akibat kecelakaan kerja, atas nama Edy Sudrajad, umurnya 24 tahun asal Kolaka Utara, dan Andri, umurnya 21 tahun asal Konawe. Keduanya bekerja di PT NPM.

“Sebelum kejadian, korban melakukan kegiatan pengambilan sampel ore, namun karena jaraknya jauh dan tidak bisa dilewati kendaraan, akhirnya mereka berjalan kaki bersamaan dengan dua eksavator. Setelah tiba dilokasi, satu eksavator melakukan clearing tidak jauh dari penggalian, selesei menggali sekitar kedalaman 10 meter, korban turun, saat kedua korban turun terjadilah longsor,” bebernya.

Kata Laode, kasus tersebut sudah ditangani oleh Polres Konawe Utara di backup Polda Sultra. Operator eksavator Ahmad Majid dan seorang pengawas alat Randi sudah diamankan. Saat ini, kepolisian sudah turun kelapangan dan membuat laporan.

“Dan melakukan kegiatan penyelidikan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) kecelakaan kerja,” pungkasnya.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...