Honor Perangkat Desa Tak Dibayar 16 Bulan, Warga Segel Kantor Bupati Konawe

3146
 

Unaaha, Inilahsultra.com – Aliansi Masyarakat dan Mahasiswa Bersatu (AMMB) menggelar demo di Kantor Bupati Konawe terkait belum dibayarnya honor perangkat desa selama 16 bulan, Rabu 11 Maret 2020.

Sebagai bentuk protes, warga juga menyegel Kantor Bupati Konawe.

- Advertisement -

Koordinator aksi Ilham Kiling mengaku, perangkat desa dari total 290 desa di Kabupaten Konawe belum mendapatkan honor.

Ia menyebut, honor maupun penggunaan dana desa diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

“Pasal 71 Ayat 1 Keuangan Desa adalah semua hak dan kewajiban desa yang dapat dinilai dengan uang yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban desa. Salah satunya terkait alokasi dana desa (ADD) Pasal 72 ayat 4 UU Desa. Yang Dimana pada ayat 1 huruf D “Paling Sedikit 10% (sepuluh perseratus) dari dana perimbangan yang di lterima kabupaten/kota dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah,” bebernya.

Namun, besarnya dana desa yang dialokasikan ternyata tidak memberikan keuntungan bagi perangkat desa. Bahkan mereka harus bekerja tanpa honor selama satu tahun lebih.

“Hak aparat desa, perawat desa, LPM, BPD, imam desa, dan tokoh ada tidak pernah menjadi perhatian Pemda Konawe. Padahal sangat jelas UU Desa dan diperkuat lagi Perda Konawe No 8 Tahun 2019 tentang Alokasi Dana Desa. Jadi Pemda Konawe tidak punya alasan lagi untuk tidak membayar honor mereka,” tuturnya.

Demo ini berlangsung panas. Warga dan Pol PP sempat terlibat ricuh dan ban dibakar di depan kantor bupati.

Penulis : Jusbar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
11
Komentar
loading...