DPRD Sultra Minta Bukti Surat Perpanjangan Visa Puluhan TKA China

12658
 

Kendari, Inilahsultra.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sudirman meminta pihak perusahaan untuk memperlihatkan surat perpanjangan visa yang telah diurus di Jakarta.

“Kalau memang TKA memperpanjang visa. Coba diperlihatkan kepada publik supaya tidak menimbulkan tanda tanya kepada masyarakat. Apalagi saat ini masyarkat saat ini diresahkan dan ketakutan dengan isu virus corona,” kata Sudirman, Senin 16 Maret 2020.

- Advertisement -

Lanjut anggota Komisi III DPRD Sultra ini, Pemprov Sultra melalui Dinas Tenaga Kerja melakukan pengawasan secara rutin terkait dengan keluar masuknya TKA di Sultra dengan alasan perpanjangan visa.

“Saya ingatkan Dinas Tenaga Kerja Sultra untuk selalu pro aktif dalam melakukan pengawasan TKA dalam pengurusan visa. Bisa dicek di Dinas Transmigrasi, apakah TKA yang datang itu betul pernpanjang visa atau tidak,” ujarnya.

Kalaupun untuk mengurus perpanjangan visa, kata Sudirman,
harusnya pihak perusahaan dapat memfasilitasi tenaga kerjanya agar tidak ke Jakarta mengurus visa.
Cukup diwakili oleh pihak perusahaan.

“Saya rasa kalau diwakili sudah cukup untuk pengurusan visa. Tapi kalau memang yang tiba kemarin itu dari Jakarta hanya dari mengurus perpanjang visa masa bawa koper seperti mau pindah rumah,” tutupnya.

Saat ditanya terkait pernyataan Kapolda Sultra Brigjen Pol Merdisyam bahwa 10 TKA hanya dari Jakarta mengurus perpanjangan visa, yang disampaikan secara lisan tapi tidak ada bukti, Sudirman mengatakan, mungkin Kapolda sudah ada dasarnya dengan melihat suratnya dan berdasarkan atau informasi dari stafnya atau dari pihak perusahaan.

“Tapi yang dibutuhkan masyarakat itu bukti surat perpanjangan visa mengurus di Jakarta. Kalau memang perpanjangan visa pasti ada suratnya. Tunjukan kepada publik, supaya masyarakat tidak bertanya-tanya,” tutupnya

Diberitakan sebelumya Kapolda Sultra Brigjen Pol. Merdisyam membenarkan adanya kedatangan 40 orang TKA tiba di Bandar Udara (Bandara) Haluoleo Kendari, pada Minggu 15 Maret 202, melalui penerbangan asal Jakarta, dan para TKA tersebut baru saja balik usai melakukan perpanjangan visa di ibu kota.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
19
Komentar
loading...