PD Pasar Sosialisasi Antisipasi Virus Corona di Pasar-pasar di Kota Kendari

PD Pasar sosialisasi menjaga kebersihan dan prilaku hidup sehat untuk mengantisipasi bahaya virus corona. (Haerun)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Kendari melakukan sosialisasi untuk mengantisipasi virus corona kepada masyarakat melakukan aktivitas di Pasar Baruga Kota Kendari, Senin 16 Maret 2020

Direktur PD Pasar Kota Kendari, Asnar mengatakan, pasar dinilai bisa menjadi tempat beredarnya virus corona, karena merupakan ruang publik bertemu dan berinteraksinya masyarakat dari berbagai daerah.

“Di pasar interaksi masyarakat sangat aktif. Makanya kami mulai hari ini melakukan antisipasi virus corona secara aktif,” kata Asnar di Pasar Baruga Kota Kendari, Senin 16 Maret 2020.

Antisipasi untuk pedagang dan pembeli, Asnar mengatakan, PD Pasar menyiapkan fasilitas sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan transaksi jual beli.

“Kami arahkan konsumen dan pedagang untuk sering-sering cuci tangan, sebelum dan sesudah melakukan aktivitas di pasar,” kata Asnar.

Kemudian, untuk karyawan PD Pasar difasilitasi masker dan kos tangan. Pasalnya, menurut Asnar, karyawan berpotensi besar terpapar virus corona. Karena beraktivitas terus melalui penagihan.

Kemudian, lanjutnya, untuk kolektor wajib memakai kos tangan pada saat melakukan penagihan kepada pedagang.

“Masker kami terbatas sekali karena haya tiga 3 dus untuk karyawan. Tapi kalau ada bantuan diberikan, kami akan sesuaikan untuk pedagang,” ujarnya.

“Langkah seperti ini, kami menilai bisa menghindari kemungkinan jangan sampai potensi virus corona itu dapat menyerang kita. Kita juga sampaikan lewat pengeras suara di pasar-pasar,” tambahnya.

Bukan hanya itu, Asnar selalu menekankan kepada pedagang untuk menjaga kebersihan pasar. Apalagi sekarang ini musim penghujan.

“Karena banyak genangan-genangan air dalam pasar. Makanya kami terus mendorong untuk meningkatkan kebersihan,” jelasnya.

Sosialisasi ini, kata dia, bukan hanya dilakukan di Pasar Baruga, tetapi di
semua pasar yang di kelola PD Pasar yakni, Pasar Baruga, Anduonohu, Lapulu dan Wayong.

“Belum ada batas waktu sosialisasi ini sampai kapan. Tapi kita akan melihat sampai ada keputusan pemerintah, kapan isu corona sudah tidak lagi meresahkan masyarakat,” ungkapnya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada pedagang, konsumen dan karyawan untuk senatiasa menjaga kebersihan dan rajin mencuci tangan.

“Saya ajak kepada masyarakat menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang, dan hindari aktivitas-aktivitas di masyarakat yang dinilai bisa menimbulkan gejala-gejalah corona,” imbaunya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry