Cegah Corona, Dukcapil Baubau Antisipasi Kerumunan Saat Pelayanan

631
 

Baubau, Inilahsultra.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Baubau tetap melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan.

Namun, tetap memperhatikan standar pelayanan, sesuai instruksi dan arahan Direktorat Jenderal (Ditjend) Dukcapil Kemendagri terkait antisipasi memutus penyebaran virus Corona atau covid 19.

- Advertisement -

Kepala Dinas Dukcapil Baubau, Arif Basari mengimbau masyarakat untuk menunda pengurusan dokumen kependudukan jika tidak urgen atau tidak terlalu mendesak.

“Untuk masyarakat yang betul-betul membutuhkan dokumen kependudukan seperti untuk pengurusan BPJS dan rumah sakit, bisa melalui aplikasi pelayanan online atau via WA dan SMS, agar tidak terjadi penumpukan antrian,” tutur Arif kepada Inilahsultra.com, Kamis 19 Maret 2020.

Kata dia, kunci kesuksesan China dalam melawan corona adalah salah satunya melakukan upaya “jaga jarak”, tidak saling bertemu dan tidak berkumpul. Ini dimaksudkan untuk menghindari penularan dan menularkan covid 19.

“Alhamdulillah hari ini sudah berkurang penumpukan masyarakat yang datang. Tetapi bukan berarti kami memberhentikan pelayanan. Pelayanan tetap seperti biasa, cuma metode pelayanan sedikit berubah dari biasanya,” ujarnya.

Metodenya, tambah Arif, yakni hari ini masyarakat mendaftar (menyimpan berkas), kemudian keesokan harinya berkasnya di verifikasi kelengkapan dokumen. Bila sudah lengkap dokumen, maka di cetak.

“Kami sampaikan kepada masyarakat untuk pengambilannya tidak perlu antri lagi. Ini untuk menghindari banyaknya masyarakat yang datang, karena Dinas Dukcapil Kota Baubau masih terbatas untuk pendaftaran online,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...