140 APD Petugas Medis di RSUD Kota Kendari Sudah Tiba

806
 

Kendari, Inilahsultra.com – Sebanyak 140 pasang Alat Pelindung Diri (APD) telah tiba di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, Jumat 20 Maret 2020.

APD ini akan digunakan oleh petugas kesehatan dalam merawat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Kota Kendari, yang terduga terpapar Covid-19 atau Virus Corona.

- Advertisement -

Kepala RSUD Kota Kendari, dr.Sukirman mengatakan, APD yang tiba terdiri dari jas pelindung diri atau hazardous materials suit (hazmat), hand scoon (kaos tangan), kacamata google, masker n95 dan penutup kepala.

“Setelah kami utus staf ke Jakarta dengan susah payah, alhamdulillah berhasil mendapatkan 140 pasang APD. Walaupun harganya sudah melonjak, hazmat itu harganya mencapai 250 ribu, sedangkan masker sudah sampai 100 ribu,” ucapnya.

Namun dr. Sukirman mengatakan, 140 pasang APD ini hanya bisa bertahan selama 2 minggu, dikarenakan setiap kontak dengan pasien PDP Covid-19, APD tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi.

“APD ini hanya satu kali pemakaian, karena setiap bersentuhan dengan PDP sudah tidak bisa lagi digunakan dan harus diganti,” ujarnya.

Lanjut Sukirman, sebagai tambahan Wali Kota Kendari telah mengirim surat ke Menteri Kesehatan untuk meminta bantuan APD sebanyak 2.000 pasang.

“Mudah-mudahan Menkes menyetujui suplay APD setiap rumas sakit yang menjadi rujukan, termasuk di Kota Kendari,” ujarnya.

Untuk diketahui, RSUD Kota Kendari telah resmi ditetapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sulta) sebagai rumah sakit rujukan untuk menerima dan merawat Orang Dalam Pemantauan (ODP) serta Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 untuk wilayah Kota Kendari.

RSUD Kota Kendari juga telah menyiapkan ruang isolasi yang dapat menampung 9 orang ODP/PDP yang terpapar virus corona.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...