Imbas Virus Corona, Tes SKB CPNS Butur Ditunda, Pengumuman SKD Sesuai Jadwal

819
 

Buranga, Inilahsultra.com– Pemerintah menunda jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sedianya diselenggarakan pada 25 Maret nanti karena pandemi Corona atau COVID-19, tak terkecuali di Kabupaten Buton Utara (Butur).

Keputusan penundaan itu tertuang dalam Surat Nomor: B/318/M.SM.01.00/2020 tanggal 17 Maret 2020 yang ditandatangani oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo.

- Advertisement -

“Pelaksanaan SKB CPNS Buton Utara yang dijadwalkan 25 Maret 2020 Ditunda karena Corona. Sudah ada surat dari KemenPAN-RB,” Kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Butur, La Nita ketika dikonfirmasi, Jum’at, 20 Maret 2020 di Aula Bappeda setempat.

Meski demikian, jelas mantan Sekwan Butur ini pemerintah tetap mengumumkan hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sesuai jadwal yang telah ditentukan. Dimana, jadwal pengumuman tersebut ialah 22 hingga 23 Maret 2020.

Untuk jadwal tes SKB sendiri, terang La Nita belum bisa dipastikan kapan akan digelar usai adanya penundaan tersebut. Hal itu, ujar dia merupakan kewenangan pusat. Pihaknya, hanya bisa menunggu dan menindaklanjuti kalau sudah ada surat edaran atau perintah dari pusat.

“Tes SKB, kita menunggu saja surat edaran dari pusat. Kalau sudah ada perintah, maka kita siap gelar,” tuturnya.

Tes SKB meliputi tes potensi akademik, tes praktik kerja, tes bahasa asing, tes fisik, psikotes, tes kesehatan, dan/wawancara. Tes ini bisa dibilang paling menentukan nasib pelamar CPNS, karena nilai SKB lebih besar dari SKD, yakni 60-40.

Di Butur sendiri, jumlah pendaftar CPNS sebanyak 3.520 orang dan telah mengikuti seleksi kompetensi dasar 30 Januari sampai 3 Februari 2020 lalu. Sebanyak 970 orang lolos passing grade.

Setelah dirangking berdasarkan jumlah kuota CPNS Butur yang lolos SKB, hanya 364 peserta dan 606 peserta gugur.

Sedangkan kuota CPNS Butur sendiri sebanyak 183 orang. Kuota sebanyak itu terdiri dari formasi tenaga guru, tenaga kesehatan, serta jurusan teknis lainnya.

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...