Kapolda Sultra Akan Tindak Tegas Warga yang Buat Pesta dan Demonstrasi

5393
 

Kendari, Inilahsultra.com – Kepolisian RI telah mengeluarkan maklumat Nomor : Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Salah satu poin dalam maklumat Kapolri adalah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, Polri senantiasa mengacu keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi.

- Advertisement -

Untuk itu, tidak mengadakan kegiatan sosial masyarakat yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri.

Kemudian, tidak melakukan pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran-aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan kegiatan lainnya.

Tidak mengadakan kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazzar, pasar malam, pameran, dan resepsi keluarga. Tidak mengadakan kegiatan olahraga, kesenian, dan jasa hiburan. Tidak mengadakan unjuk rasa, pawai, serta kegiatan lainnya menjadi perkumpulan massa.

Poin terkahir, apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan kepolisian yang perlu sesuai ketentuang perundang-undangan yang berlaku.

“Masyarakat tetap tenang dan mengikuti intruksi pemerintah untuk meminimalisir dan memutus rantai wabah virus corona,” kata Kapolda Sultra Brigjen Merdisyam pada saat konfensi pers di Rujab Gubernur Sultra, Minggu 22 Maret 2020.

Dengan dikeluarkannya Maklumat Kapolri, Merdisyam mengatakan, ini berisi suatu aturan yang mengatur dan suatu tindakan pemerintah untuk menyelamatkan rakyat.

“Setelah Maklumat ini diberlakukan, tentunya konsekunsinya masyarakat akan berhadap dengan aturan dan hukum yang berlaku, karena ini merupakan suatu tindakan dalam rangka menyelamatkan rakyat,” ujarnya.

Maklumat ini, kata dia, sudah disampaikan kepada seluruh jajaran Polda, Polres dan Polsek untuk menyampikan maklumat ini agar masyarakat mengetahui dan memahami. Kemudian meminta kepada pemerintah daerah, semua stake holder, semua ormas, semua organisasi kepemudaan, semua universitas, sekolah dapat memahami isi maklumat ini.

“Ini semata-mata suatu langkah hukum untuk menegakan dan menyelamatkan rakyat dalam menghadapi situasi penyebaran virus corona,” tutupnya

Penulis :Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2
Komentar
loading...