214 Orang Berstatus ODP di Buteng

848
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Sebanyak 214 orang di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) terkait wabah Corona. Status itu diberlakukan sejak tanggal 22 Maret 2020.

Terkait hal itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buteng bekerjasama dengan TNI dan Polri melakukan sosialisasi untuk mencegah penularan virus Covid-19 tersebut.

- Advertisement -

Status ODP diberikan kepada seseorang sempat bepergian ke daerah lain maupun negara lain yang terpapar wabah Corona.

Kepala BPBD Buteng Muhammad Yusuf mengatakan, mereka yang berstatus ODP kebanyakan adalah perantau, mahasiswa, dan pedagang yang baru kembali ke Buteng.

“Mereka yang merantau kebanyakan tempat perantauannya itu dikena wabah, begitu pula mahasiswa dan pedagang. Namun mereka itu belum bisa dikategorikan terinfeksi virus covid 19, hanya saja mereka sudah masuk daftar pantauan kita,” bebernya.

Yusuf berharap, masyarakat tidak panik. Pihaknya bersama kepolisian, TNI, dan dinas terkait akan melakukan sosialisasi di seluruh kecamatan dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat, terkait upaya-upaya pencegahan.

“Kita akan terus sosialisasikan pencegahan virus Covid-19 ini di seluruh kecamatan di Buteng,” jelasnya.

Selain mangkampanyekan pencegahan virus Corona ini, pihaknya juga meminta agar masyarakat menghindari kerumunan. Pasalnya kerumunan menjadi sebuah media penyebaran virus.

Disamping itu, masyarakat harus mengkonsumsi makanan bergizi dan konsumsi air hangat 20 menit sekali.

“Daya tahan tubuh kita yang perlu dijaga. Virus itu akan hilang dengan sendiri apabila daya tahan tubuh kita kuat,” tuturnya.

Sementara itu, dia juga meminta apabila ada orang yang baru datang dari luar daerah yang terjangkit wabah Covid-19 agar mengisolasi diri selama 14 hari.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...