Ridwan Bae : Harusnya Ali Mazi Orang Pertama Berkeras Pulangkan TKA China

1740
 

Kendari, Inilahsultra.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Ridwan Bae mengaku kecewa kepada Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi.

Kekecewaan, Wakil Ketua Komii V DPR RI, karena masuknya tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok masuk Sultra di tengah wabah virus corona.

- Advertisement -

“Saya betul-betul kecewa kepada saudara Ali Mazi sebagai gubernur, karena dia tidak tegas dalam bersikap untuk mengembalikan TKA asal Tiongkok,” kata Ridwan saat ditemui di Kendari, Senin 23 Maret 2020.

Mantan Ketua Golkar Sultra ini menjelaskan, Gubernur tidak berwenang untuk memulangkan TKA. Tetapi selaku gubernur dan perwakilan pemerintah pusat di daerah memiliki kewenangan untuk menyampaikan kepada lembaga yang berwenang untuk mepulangkan para TKA di negara asal, karena sudah meresahkan masyarakat.

“Saya minta betul kepada Ali Mazi saudara saya, sahabat saya untuk merekomendasikan kepulangan TKA di negara asalnya kepada yang berwenang, dan tidak ada pertimbangan apapun para TKA asal Tiongkok yang sudah meresahkan masyarakat Sultra segera dikembalikan,” ujarnya.

Saat ini, para TKA masih menjalani masa karantina selama 14 hari di salah satu perusahaan tambang di Sultra.

“Saya berharap, walaupun nanti sudah di karantina dan bebas dari virus corona para TKA harus dipulangkan, karena sudah melanggar tata aturan Ketenagakerjaan,” jelas Ridwan.

Mantan Bupati Muna dua periode ini mengungkapkan, para TKA jelas menggunakan visa kunjungan, berarti tidak bisa dipekerjakan di Sultra dan harus segera dipulangkan.

“Ali Mazi jangan ragu-ragu untuk dan harus tegas. Saya lihat Ali Mazi cukup tegak orangnya, kenapa tidak tegas orangnya. Saya minta Ali Mazi untuk tegas sama dengan penampilannya yang tegak,” ujar Ridwan

“Ali Mazi harusnya yang paling pertama bersikeras untuk segera dikembalikan itu para TKA dan tidak ada lagi kompromi. Kalau perlu Ali Mazi pertaruhkan jabatannya untuk kepentingan rakyat, itulah baru namanya Gubernur,” tambahnya.

Sebelumnya, sebayak 49 TKA asal Tiongkok datang di Sultra melalui Bandara Haluoleo Kendari tujuan PT VDNI di tengah isu virus corona, yang meresahkan masyarakat.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...