Tak Jelas Alasannya, Warga Dilarang Masuk di Kota Kendari

1548
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari akan memperketat pengawasan kepada semua warga masuk keluar di setiap melalui perbatasan Kota Bertaqwa dengan daerah lain.

“Kalau tidak jelas alasannya tidak boleh masuk, yang diizinkan hanya yang mendesak, darurat dan tidak bisa ditunda, kalau pun boleh masuk akan didata, jangan sampai kategori orang tanpa gejala (OTG),” kata Wali Kota Kendari, Sulkarnain K saat konfensi pers di Rujan Wali Kota Kendari, Senin 30 Maret 2020.

- Advertisement -

Tujuan pengawasan wilayah ini, kata orang nomor satu di Kota Kendari, untuk mencegah dan menanggulangi percepatan penyebaran wabah virus corona.

“Mulai 1 April diberlakukan pengawasan perbatasan. Mulai hari ini dan besok kita lakukan sosialisasi ke masyarakat,” ujarnya.

Kalau pun dibolehkan masuk di Kota Kendari, kata Sulkarnain, harus menggunakan protokol yakni, melalui pemeriksaan fisik dan dipastikan dalam kondisi sehat. Mengisi formulir yang disediakan untuk didata.

“Setiap yang masuk di Kota Kendari harus dilakukan tes suhu badan. Jadi setiap petugas di perbatasan mendata warga yang masuk keluar dalam kota,” ujarnya.

Kemudian, prioritas untuk kendaraan ambulance yang membawa pasien sakit, kendaraan pengangkut kebutuhan pokok, dan pegawai dalam tugas dinas baik ASN dan swasta harus dibuktikan dengan surat tugas.

“Ini akan melalui prosedur khusus dan mendapatkan prioritas untuk masuk di Kota Kendari,” jelasnya

Adapun pengawasan akan difokuskan sebanyak 11 titik yang tersebar di wilayah perbatasan dan pelabuhan di Kota Kendari mulai dari perbatasan Puuwatu, Baruga, Konda, Tindonggeu, Purirano dan Labibia. Pelabuhan New Port, Pebaluhan Bungkutoko, Pelabuhan Nusantara, Pelabuhan Wanci dan Pelabuhan Wawoni-Langara.

Untuk meningkatkan pengawasn, lanjutnya, Pemkot Kendari akan bekerjasama dengan TNI dan Polri.

“Berdasarkan data yang ada ternyata arus warga yang masuk dan keluar di Kota Kendari masih sangat tinggi dibuktikan ada ratusan hingga ribuan kendaraan lalu lalang masuk di Kota Lulo,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...