Pj Sekda Tegaskan Pemprov Sultra Tidak Diam Tangani Virus Corona

429
 

Kendari, Inilahsultra.com – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra La Ode Ahmad P menegaskan, pihaknya tidak diam dalam penanganan virus corona di Bumi Anoa.

Hal ini diungkapkan Ahmad dalam rakor yang digelar di gedung DPRD Sultra.

- Advertisement -

Sejauh ini, kata dia, Gubernur Sultra telah mengambil langkah taktis penanganan wabah covid-19 dengan membentuk gugus tugas di tingkat provinsi dan menjadi percontohan bagi beberapa provinsi tetangga.

“Progres penanganan covid 19 di Sultra, Gubernur telah menetapkan siaga darurat dan membentuk gugus tugas yang melakukan identifikasi dan pemetaan sebaran orang yang berkaitan dengan covid 19,” katanya.

Untuk dukungan biaya, kata dia, awalnya dialokasi Rp 3 miliar yang kemudian bertambah naik menjadi Rp 23 miliar dari belanja tak terduga atau kontigensi, dana DAK fisik kesehatan dan DID.

“Jadi, total dukungan anggaran sekitar Rp 26 miliar hanya dari itu. Jadi kami memberikan penegasan bahwa pemda telah mengambil langkah taktis relokasi anggaran untuk pemulihan covid19,” jelasnya.

Selain tiga sumber dana tersebut, ia menyebut kesiapan anggaran Sultra masih bisa dialokasikan untuk penanganan virus corona kurang lebih Rp 500 miliar yang bersumber dari DAU dan PAD.

Hal itu bisa dialihkan merujuk Instruksi Presiden maupun Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) dan Permendagri.

“Jadi kita punya kesiapan banyak,” ujarnya.

Ia menjelaskan, selain kesiapan anggaran, Pemprov Sultra juga tengah merancang pembangunan ruang isolasi khusus dengan menata kembali beberapa gedung di Sultra.

Diantaranya, ruang VVIP Bandara Haluoleo, eks SMA Angkasa, gedung diklat BPSDM dan gedung diklat Dinas Perkebunan.

“Kami juga telah melakukan antisipasi pengadaan alat kesehatan baik itu APD maupun alat lain. Tim gugus tugas juga telah melakukan rapid test dan mendistribusikan alat rapid test ke 17 kabupaten kota,” tuturnya.

Penulis : Jusbar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...