PLN UP3 Baubau Gratiskan dan Beri Diskon 86.276 Pelanggan

2523
 

Baubau, Inilahsultra.com – Sebanyak 86.276 Pelanggan PT PLN (Persero) di wilayah Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mendapatkan biaya gratis dan diskon biaya sebesar 50 persen.

Pemberian itu untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat akibat dampak virus Corona atau Covid 19 (Corona).

- Advertisement -

Terkait pembebasan biaya tarif listrik bagi konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) dan pemberian keringanan tagihan 50 persen kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA akan berlaku mulai April hingga Juni 2020.

Manager Pemasaran PLN UP3 Baubau Muh Syamsul Kamar mengatakan, bagi pelanggan yang menggunakan daya 450 VA akan di gratiskan dan sementara bagi yang menggunakan daya 900 VA akan diberi diskon 50 persen.

“Di wilayah PLN UP3 Baubau sendiri terdiri dari 5 Unit Rayon yang tersebar di delapan Kabupaten dan satu kota dengan total pelanggan 86.276 pelanggan,” ungkap Syamsul melalui pesan Whatsappnya, Jumat 3 April 2020

Syamsul merinci, jumlah pelanggan dengan daya 450 VA pascabayar sebanyak 43.308 pelanggan. Mereka akan gratis pembayaran selama 3 bulan. Kemudian 900 VA prabayar sebanyak 43.968 pelanggan. Mereka akan mendapatkan diskon 50 persen.

Pemberlakuan ini, lanjut Syamsul, dilakukan secara nasional untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April hingga Juni. Sementara untuk pelanggan prabayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke Whatsapp dengan nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id.

Kata Syamsul, Pelanggan yang mendapat stimulus tersebut hanya berlaku 1 kali dalam sebulan selama periode bulan April 2020, Mei 2020 dan Juni 2020. Jika Pelanggan sudah mendapatkan token gratis pada bulan berjalan dan melakukan pembelian kembali (info pelanggan ternyata kurang stroomnya), maka pelanggan tidak mendapatkan token gratis lagi karena pelanggan hanya mendapat token gratis 1 kali per bulan. Dengan demikian pelanggan harus membeli token listrik seperti biasanya.

Sama halnya, bagi pelanggan yang masih terdapat tunggakan tagihan rekening listrik pada bulan sebelumnya maka pemberlakuan stimulus ini. Tunggakan tersebut tetap harus dibayarkan karena program stimulus ini baru berlaku pada bulan April 2020 sampai dengan bulan Juni 2020. Sehingga tunggakan sebelum bulan berlakunya stimulus ini tetap wajib diselesaikan.

“Pada prinsipnya pemberlakuan mulainya secara Nasional pada awal bulan April 2020, termasuk untuk UP3 Baubau,” bebernya.

Dengan kebijakan ini PLN mengambil peran dalam upaya bersama melawan pandemi Covid-19.

“Kami juga mengimbau kepada seluruh pelanggan PLN untuk patuhi arahan pemerintah melakukan sosial distance. Sebagai pelayanan ketenagalistrikan, kami tetap berupaya agar penyaluran energi listrik tetap terjaga dengan baik walaupun dengan kondisi seperti saat ini,” tutupnya.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...