Hasil Rapid Test, Seorang Anak di Kendari Dinyatakan Positif Corona

857
 

Kendari, Inilahsultra.com – Seorang anak berusia 1 tahun lebih di Kota Kendari dinyatakan positif Virus Corona (Covid-19) setelah dilakukan hasil tes cepat (Rapid test) oleh Tim Surveilans dan Tim Sampling Rapid Test Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal ini dibenarkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sultra, La Ode Rabiul Awal saat dikonfirmasi melalui telpon selulernya, Senin 6 April 2020.

- Advertisement -

β€œIya, anak 1 tahun lebih umurnya. Ditahu positif Covid-19 setelah rapid tes itu anak, dan sementara diswab tenggorok kemarin,” katanya.

Hasil rapid tes ini positif Covid-19, kata dia, belum bisa dinyatakan positif sepenuhnya, karena masih menunggu hasil uji sampel swab tenggorok yang dikirim ke labolatorium di Kota Makasar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

β€œKita menunggu tes swab tenggorok hasil labolatorium untuk memastikan anak tersebut positif atau negatif Covid-19,” ujarnya.

Dalam pegambilan rapid test tersebut, kata La Ode Rabiul, dilakukan sebanyak 62 orang terdiri dari keluarga, tetangga dan kerabat, yang memiliki kontak erat dengan 2 orang positi Covid-19 sebelumnya.

β€œ61 orang negatif dan 1 orang anak dinyatakan positif usai rapid test, karena memiliki riwayat kontak eratnya dua orang positif kemarin yang masih keluarga,” ujarnya

Anak tersebut, kata Ketua Ikatan Dokte Indonesia (IDI) Sultra ini, sedang diisolasi atau perawatan mandiri di rumah oleh keluarganya, dengan adanya pengawasan Tim Gugus Percepatan Pengangan Covid-19 Sultra.

β€œSaat ini tidak ada pasien anak yang Covid-19 di Rumah Sakit, tapi diisolasi mandiri di rumahnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, kualitas rapid test
secara ilmiah dalam literatur itu dianggap 50 persen, tapi belum bisa dipastikan positif karena masih ada swab tenggorok untuk memutuskan positif dan negatif.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...