Hasil Rapid Test Serologi di Muna, 12 Orang yang Diperiksa, 5 Dinyatakan Positif Covid-19

6404
 

Raha, Inilahsultra.com-Lima orang dinyatakan positif terinfeksi viris Corona atau Covid-19 di Kabupaten Muna. Data itu berdasarkan hasil laporan Juru Bicara (Jubir) Gugus percepatan penanganan Virus Corona Kabupaten Muna atas pemeriksaan Rapid Test Serologi terhadap 12 orang dari kelompok prioritas yang terdiri dari 2 Orang Tanpa Gejala (OTG), 6 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 4  Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Jubir Gugus Tugas Covid-19, Dr. Wahid Agigi saat dikonfirmasi melalui pesan Whatsapp, Rabu 8 April 2020 menjelaskan bahwa 12 orang dari kelompok prioritas yang melakukan rapid test serologi 5 orang dinyatakan positif.

- Advertisement -

Ia menyebutkan bahwa 2 orang yang selama ini dalam status OTG dinyatakan 1 orang positif, 6 PDP 2 orang Positif sedangkan 4 ODP 2 orang Positif.

“Hasil tersebut belum final masih harus dipastikan dengan pemeriksaan gold standard yakni Real-Time PCR dari sampel swab nasoorofaring (NOF) yang akan dilakukan oleh Tim Gugus Tugas Provinsi Sultra yang akan ke Raha dalam waktu dekat ini” tegas Dokter Wahid yang biasa menangani penyakit dalam ini.

Selanjutnya, terang dia sampel swab NOF tersebut akan dikirim ke BBLK Makassar atau Balitbang Jakarta.

“Pemeriksaan Rapid Test Covid-19 di Muna menggunakan sampel darah vena, bukan darah dari tusuk jari (darah kapiler).Dengan metode ini diharapkan hasilnya lebih dapat dipercaya,” tuturnya.

Ia menyampaikan bahwa tidak semua OTG maupun ODP mau diperiksa Rapid Test dari Satgas Covid-19, namun pihaknya melakukan upaya-upaya persuasif.

“Bila setuju, didaftar masuk dalam kelompok prioritas. Cara ini dilakukan dengan lebih berhati-hati karena di daerah Muna penderita suspect Covid-19 dianggap aib, padahal tidak begitu,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Kelompok prioritas berikutnya telah didaftar nama-namanya untuk dilakukan test berikutnya.

Harapan dari Pemerintah Kabupaten Muna kepada masyarakat bahwa tidak boleh panik, namun tetap waspda. Pasalnya, masalah pandemi Covid-19 ini adalah masalah global atau masalah seluruh dunia, bukan hanya masalahnya Kabupaten Muna.

“Mari kita ikut berpartisipasi bersama memutus rantai penularan Covid-19 dengan mengikuti anjuran pemerintah agar tidak terpapar wabah virus Vorona,” imbaunya.

Reporter : Iman Supa

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2
Komentar
loading...