DPD Pergizi Pangan Sultra Siap Jadi Tempat Konsultasi Gizi di Tengah Covid-19

744
 

Kendari, Inilahsultra.com – Menghadapi masalah pandemik Covid-19 yang sudah mulai masuk di Indoensia, pemerintah sudah  melakakukan berbagai upaya penanggulangan, sebab jika kondisi ini tidak dapat dikendalikan akan berdampak buruk terhadap ekonomi, pendidikan, pola konsumsi pangan dan status gizi serta kerentanan sosial.

Dengan kondisi tersebut, pengurus Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI PANGAN) Indonesia dan jajaran diberbagai daerah di Indonesia terpanggil untuk peduli dan berkontribusi sesuai kompetensi PERGIZI PANGAN Indonesia.

- Advertisement -

Ketua umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Hardinsyah, mengatakan, Program Bhakti PERGIZI PANGAN Bagi Negeri ini dilakukan berupa Layanan Edukasi dan Konsultaai Online pangan Aman Bergizi dan hidup Bugar, atau LEKKA BERGIZI BUGAR.

“Sejumlah daerah kita siapkan layanan edukasi online, dengan menyampaikan keluhan anda lewat aplikasi WhatsApp, dengan mengisi identitas nama, umur, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, nama kota bermukim, dan masalah atau pertanyaan yang akan dikonsultasikan, ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Pergizi Pangan Sulawesi Tenggara, Dr. Sitti Aida Adha Taridala, mengatakan telah menyiapkan 5 orang tim, untuk menjawab konsultasi pangan aman dari masyarakat, dan kelimanya merupakan ahli dibidang gizi dan pangan, diantaranya, Dr. Suriana Koro, SP, M.Kes, Dr. Hj. Fatmawati, SKM, M.Kes, Dr. Sultan Akbar T, SKM, M.Kes, Rita Irma, SST, MPH, dan Intan Ria Nirmala, SP, M.Gizi.

“Konsultasi gizi di Sulawesi Tenggara ini telah terdaftar link www.pergizi.org/konsultasi2020, Beberapa topik  konsultasi online telah ditetapkan sebagai fokus diskusi antara lain, Gizi seimbang, isi piringku dan diet popular, Gaya hidup sehat dan pangan untuk imunitas, Kiat sehat memilih, mengolah, dan mengonsumsi pangan, Kita berat normal tubuh bugar meski #dirumah aja, Kiat gizi hemat dan bugar saat Ramadhan dan Lebaran” ungkapnya.

Diperkirakan pandemik Covid-19, masih berlanjut di bulan Ramadan dan Idul Fitri, sehingga pangan sebagai sumber protein, sayur, buah dan minuman, penting untuk mengoptimalkan imunitas, sementara obesitas, konsumsi gula dan lemak berlebihan berisiko menurunkan imunitas, sementara panganan tersebut akan meningkat selama puasa dan hari raya, dengan kondisi ini, edukasi panganan aman, segar dan  sehat sangat dibutuhkan masyarakat.

Intan Ria Nirmala, SP, M.Gizi selaku salah satu relawan gizi, mengungkapkan merebaknya covid-19 saat ini perlu pendampingan bagi yang awam, edukasi tentang pentingnya konsumsi panganan segar dan sehat menjadi salah satu upaya pencegahan penyebaran covid-19 dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi setiap hari.

“Kita berharap konsultasi gizi sehat, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk Kembali bisa mengkonsumsi makanan yang segar setiap hari, asupan minum air putih yang cukup, membatasi konsumsi minyak, garam, dan gula, menghindari makan diluar rumah untuk mengurangi resiko paparan sakit” ujarnya.

Sebelumnya, Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia, meluncurkan Program Bhakti PERGIZI PANGAN Bagi Negeri pada Kamis 9 April 2020, dalam program tersebut, menyediakan layanan konsultasi pangan aman, segar dan sehat disejumlah wilayah, dalam upaya menghadapai  pandemi wabah covid-19.

Untuk wilayah Sulawesi Tenggara, layanan konsultasi dimulai pukul 08.00-17.00 WITA, setiap hari, dengan memilih salah satu konsultan:

1) Dr. Suriana Koro, SP, M.Kes (082292602456/ Topik 1-5)

2) Dr. Hj. Fatmawati, SKM, M.Kes (085241737897/ Topik 1-5)

3) Dr. Sultan Akbar T, SKM, M.Kes (081341905666/ Topik 1,3,5)

4) Rita Irma, SST, MPH (085241533003/ Topik 1-5)

5) Intan Ria Nirmala, SP, M.Gizi (082132877453/ Topik 1-5)

Penulis : Jusbar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...