Bantuan Ayam di Busel Gagal Disalurkan

526
Ilustrasi
Bacakan

Batauga, Inilahsultra.com – Sebanyak 77.500 bibit ayam program bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2019, gagal disalurkan. Padahal, kandang dan sarana lain telah terpenuhi.

-Advertisements-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) melalui Dinas Pertanian Busel ingin mengkonsultasikan ke Kementan RI terkait gagalnya penyaluran bantuan ayam bagi para peternak di Busel itu.

Namun, karena wabah virus Corona saat ini tengah melanda dunia termasuk Indonesia, konsultasi itu terpaksa ditunda hingga masalah selesai.

“Kita ingin mengetahui persoalan gagalnya bantuan ini. Tapi karena Corona, kita tidak bisa kesana (Kementan) untuk konsultasikan masalah ini,” tutur Kepala Dinas Pertanian Busel Muhammad Syafir.

Mantan Kepala Badan Keuangan Daerah Busel ini mengaku, jika bantuan tersebut adalah sepenuhnya kewenangan Kementan dan tidak ada campur tangan Pemda terkait gagalnya penyaluran bantuan ayam itu.

Kata dia, mata anggaran bantuan tersebut berasal dari DPA Kementan. Jadi, mulai dari proses awal pengadaan bibit ayam hingga sampai ke penerima itu kewajiban Kementan dan Pemda tidak dilibatkan. Namun hanya dilaporkan ke Dinas Pertanian Provinsi atau pun Kabupaten/Kota mengenai bantuan tersebut.

“Pendataan calon penerima bantuan dari mereka (Kementan) juga, bukan mengambil data dari Dinas Pertanian Busel. Jadi proses dan mekanisme di lapangan, kita tidak tahu seperti apa,” ujarnya.

Muhammad Syafir menambahkan, sejauh ini Pemda hanya ingin menfasilitasi para penerima bantuan dengan berkonsultasi ke Kementan. Namun konsultasi itu ditunda karena virus Corona.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...