Seluruh Rumah Warga Desa Labulanda Butur Siapkan Tempat Cuci Tangan

821
Salah satu rumah warga Desa Labulanda Kabupaten Butur yang telah menyediakan tempat cuci tangan.

Buranga, Inilahsultra.com – Pemerintah Desa Labulanda Kecamatan Kulisusu Barat Kabupaten Buton Utara (Butur) melakukan penyemprotan disinfektan selama 3 hari. Penyemprotan dilakukan di lingkungan warga untuk mencegah wabah Covid-19 atau virus Corona.

Kepala Desa Labulanda, Aswan mengatakan, penyemprotan dilakukan sesuai Surat Edaran Bupati Buton Utara.

- Advertisement -

“Kita melakukan penyemprotan untuk mempersempit ruang gerak virus Corona,” kata Aswan, Selasa 14 April 2020.

Dia menambahkan, penyemprotan dilakukan dengan melibatkan masyarakat.

Selain melakukan penyemprotan, upaya mencegah wabah virus Corona dilakukan dengan membuat tempat cuci tangan di seluruh rumah warga.

Tercatat, ada 169 Kepala Keluarga (KK) yang ada di Desa Labulanda.

Tempat cuci tangan, lanjut Aswan, dibuat menggunakan jerigen dan kayu. Sebagian besar bahan pembuatan tempat cuci tangan bersumber dari swadaya masyarakat.

“Sebagian besar swadaya masyarakat, seperti kayu. Jerigen kita beli. Tapi ada juga sebagian masyarakat yang membuat sendiri,” ujarnya.

Dia berharap, dalam pencegahan virus Corona, masyarakat tetap tinggal di rumah bila tidak ada urusan yang mendesak. Sehingga wabah Corona bisa dihentikan.

“Stay At Home. Boleh keluar tapi untuk urusan yang penting,” terangnya.

Dia menegaskan, untuk mencegah munculnya virus Corona, masyarakat aktif memberikan informasi kepada tim yang sudah dibentuk pemerintah desa. Utamanya memberikan informasi jika ada warga yang baru datang dari luar daerah.

“Tempat karantina khusus ada di kecamatan. Tapi kalau masyarakat mau lakukan karantina mandiri, itu juga upaya mencegah penyebaran virus Corona. Kami juga akan menyiapkan kebutuhan warga selama proses karantina,” terangnya.

Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
loading...