Dua Warga Baubau yang Diduga Terpapar Corona Jalani Swab Test

994
 

Baubau, Inilahsultra.com – Dua warga Kota Baubau yang diduga terpapar virus Corona atau Covid-19 karena hasil rapid test yang reaktif, telah menjalani swab test, Jumat 17 April 2020.

Swab test usapan rongga mulut dan rongga hidung ini dilakukan langsung oleh petugas dari Laboratorium Kesehatan Sulawesi Tenggara. Sampel hasil usapan itu selanjutnya di kirim ke Makassar untuk dilakukan pemeriksaan Laboratorium.

- Advertisement -

“Tadi pagi (swab testnya) dan sampelnya dikirim ke Makassar. Biasanya, hasilnya keluar 3-7 hari,” tutur Direktur RSUD Baubau, dr Nuraeni Djawa.

Kata dia, Sampel lendir yang diambil dengan metode swab nantinya akan diperiksa menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR).

Swab test ini, lanjut dia, dinilai lebih akurat sebagai patokan diagnosis. Sebab, virus corona akan menempel di hidung atau tenggorokan bagian dalam, sebelum masuk ke tubuh.

“Hasil akhir dari pemeriksaan ini, nantinya akan benar-benar memperlihatkan apabila ada virus Covid-19 di tubuh pasien,” ujarnya.

Saat ini, tambah dia, kondisi kesehatan dua warga yang terklarifikasi OTG dan ODP yang sempat membuat heboh Baubau itu dalam keadaan stabil. Keduanya juga tengah menjalani isolasi secara mandiri dirumah masing-masing sesuai anjuran tenaga medis.

“Kondisi keduanya stabil dan saat ini masih isolasi mandiri di rumahnya masing-masing,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dua warga yang menjalani swab test tersebut adalah seorang wanita (28) asal Kecamatan Wolio yang baru melahirkan sepekan lalu, terklarifikasi statusnya sebagai OTG.

Sementara yang satunya lagi adalah seorang pria (55) asal Kecamatan Betoambari cluster pekerja di salah satu kapal laut, terklarifikasi berstatus ODP.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...