Bupati Buteng Tinjau Posko Covid 19 di Perbatasan Muna

602
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Bupati Buton Tengah (Buteng) H Samahuddin bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan pemantauan Posko Penanganan Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 di wilayah perbatasan Kabupaten Buteng dan Kabupaten Muna, Rabu 22 April 2020.

Forkopimda terdiri dari Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari, Komandan Kodim (Dandim) 1413 Buton Letkol Inf Arif Kurniawan, dan Kejari Buton.

- Advertisement -

“Peninjauan langsung sengaja dilakukan untuk memastikan lintas perbatasan Kabupaten Muna-Buteng terkait proses pengawasan selama pandemi Covid-19 (Virus Corona). Agar nantinya siapa saja yang masuk di Buteng dapat langsung dicek kesehatannya,” ungkap Samahuddin.

Ketua DPC PDIP Buteng ini mengatakan, peninjauan wilayah perbatasan merupakan bentuk tanggung jawab sebagai pimpinan wilayah. Apalagi wilayah Buteng berbatasan langsung dengan Kabupaten Muna yang kini 7 warganya positif Corona.

“Jadi siapa saja yang masuk di Buteng akan diperiksa oleh tenaga medis dan pihak keamanan, dalam hal ini TNI/Polri. Serta jalan-jalan tikus kita akan tutup agar tidak ada yang bebas masuk ke Buteng selain lewat jalur provinsi,” bebernya.

Kapolres Baubau, AKBP Rio Tangkari mengaku mendukung upaya pengawasan perbatasan. Apalagi lintas perbatasan menjadi titik sentral arus lalulintas.

“Upaya pencegahan inilah yang akan kami lakukan saat ini ditengah pandemi berlangsung. Namun perlu digaris bawahi, tidak ada namanya penutupan jalan. Hanya saja jalan pintas atau jalan potong itu ditutup. Agar semua pengendara bisa teroganisir melewati jalan umum,” jelasnya.

Lanjut dia, selain melakukan pemeriksaan kesehatan pihaknya meminta agar tenaga medis maupun yang berjaga di posko perbatasan agar mendata siapa saja yang masuk di Buteng. Hal tersebut sangat penting mengingat Kabupaten Muna kini telah masuk zona merah penyebaran virus Corona.

“Atas nama institusi Polres Baubau, Dandim 1413 Buton sangat berterima kasih atas dedikasi paramedis yang sudah bekerja maksimal dalam upaya pencegahan Covid-19. Semoga apapun yang kalian lakukan hari ini bisa memberikan nilai positif bagi daerah Buteng khususnya. Serta diberikan perlindungan terhadap mereka yang menjalankan tugas,” tutupnya.

Selain meninjau perbatasan, Bupati Buteng dan unsur Forkopimda melakukan pembagian masker gratis di Pasar Lakudo. Termasuk memberikan imbauan kepada masyarakat Lakudo agar tetap mengikuti anjuran pemerintah yakni mengenakan masker, rajin cuci tangan, hindari kerumunan dan yang terpenting tetap Stay At Home (Tetap dirumah) apabila tidak ada keperluan penting.

Reporter : LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...