Imbas Dikunjungi Pasien Positif Covid-19, 13 Warga Desa Labunti Dipantau Satgas

1478
 

Raha, Inilahsultra.com-Salah satu dari 7 warga Muna yang positif virus Corona diketahui perna berkunjung di rumah duka di Desa Labunti Kecamatan Lasalepa Kabupaten Muna, beberapa waktu lalu.

Terkait hal itu, 13 warga Desa Labunti masuk pemantauan tim gugus tugas Covid 19 Kecamatan Lasalepa bersama Pemerintah Desa Labunti.

- Advertisement -

Pelaksana Kades Labunti, La Ati yang dikonfirmasi melalui via teleponnya, Rabu 22 April 2020 menjelaskan, bahwa 13 Warga Desa Labunti yang diduga kuat kontak fisik dengan salah satu pasien positif Covid-19, kini secara sadar melakukan karantina mandiri.

“Berdasarkan pendataan tim gugus tugas Covid 19 Kecamatan Lasalepa bersama Pemdes ada 13 orang yang kontak langsung dengan salah satu pasien yang positif terpapar virus Corona saat berkunjung di rumah duka,” ucapnya.

Ia menyampaikan bahwa tim gugus tugas melakukan edukasi dan meminta agar isolasi diri.

Langkah lain yang dilakukan juga yakni, menutup aktivitas pasar desa. Pasar desa yang beroperasi tiga kali seminggu itu untuk sementara ditutup dengan tujuan agar penyebaran virus Corona tidak menyebar lebih luas.

“Mulai kemarin pasar tradisional, kami tutup sementara dan masyarakat menerima hal itu,” tuturnya.

Selain itu, langkah yang diambil melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah yang bersangkutan, termasuk rumah-rumah warga lainnya.

Untuk kepastian terhadap 13 warga yang diduga kontak langsung dengan yang positif virus Corona, saat ini tim gugus tugas kecanatan dan desa telah berkoordinasi dengan Satgas kabupaten, harapannya dapat dilakukan rapid test.

“Kondisi 13 yang akan dirapid test saat ini membaik, tidak ada gejala dan berharap mereka hasilnya bisa negatif,” harapnya

Ia juga mengimbau kepada seluruh Desa Labunti untuk tetap mengikuti instruksi pemerintah, misalnya menjaga jarak, sering cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker kalau keluar rumah dan melakukan pola hidup sehat atau olah raga.

Serta, berharap agar masyarakat tidak panik, namun tetap waspada.

“Semoga kita semua dapat terhindar dari virus mematikan ini,” imbuhnya.

Reporter : Iman Supa

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...