Gempa Bermagnitudo 3,4 Terjadi di Wilayah Butur, Tidak Berpotensi Tsunami

1234
 

Buranga, Inilahsultra.com- Gempa bumi bermagnitudo 3,4 mengguncang wilayah Ereke, Kabupaten Buton Utara Sulawesi Tenggara (Sultra). Pusat gempa berada di sebelah timur laut Buranga.

Badan Meteoroligi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi pada pukul 16.39 Wita, Kamis 23 April 2020.

- Advertisement -

“Lokasi episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.68 LS, 123.14 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 24.0 km, Timur Laut Buranga Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 km,” tulis Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, dalam releasenya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang ada di daerah Buton Utara Sulawesi Tenggara.

“Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Ereke II-III MMI,” ujarnya.

Hingga saat ini, tambah dia belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 17:10 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempabumi susulan,” imbuhnya.

Olehnya itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Guncangan gempa ini ikut dirasakan oleh salah satu warga di Ereke, Yuli.

“Tadi saya rasakan itu gempa, sedikit terguncang atap rumahku,” tuturnya

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...