Mantan Rektor UHO Dua Kali Positif Rapid Test, Hasil Swab Negatif Corona

1440
 

Kendari, Inilahsultra.com – Mantan Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof Mahmud Hamundu (70) pernah didiagnosa terinfeksi virus corona.

Sebab, sepulang dari acara di Malaysia pertengahan Maret 2020, Mahmud mengalami batuk dan demam.

- Advertisement -

Setelah dilakukan dua kali rapid test, Mahmud dinyatakan positif corona.

Direktur Rumah Sakit Daerah (RSUD) Kota Kendari, dr. Sukirman menjelaskan, usai melakukan perjalanan dari Malaysia pada pertengahan Maret 2020, Mahmud langsung sakit demam dan batuk-batuk.

“Pulang dari Malaysia pertengahan Maret lalu, setelah beliau dirapid test hasilnya positif corona,” kata dr Sukirman saat dihubungi Inilahsultra.com, Jumat 24 April 2020.

Sukirman menjelaskan, Mahmud dilakukan rapid test karena mengikuti kegiatan di Malaysia dan pernah satu kamar dengan orang-orang yang dinyatakan positif di Negeri Jiran tersebut.

“Setelah rapid test dua kali hasilnya tetap positif. Kita intruksikan untuk menjalani isolasi mandiri di rumahnya, karena gejalanya tidak berat asal disiplin dengan anjuran dokter,” jelasnya.

Kata Sukirman, selama 2 Minggu mengisolasi dirinya di rumahnya, kemudian tim medis gugus tugas Covid-19 Sultra melakukan tes swab dan hasilnya negatif.

“Beliau itu hasil rapid tesnya positif dan setelah kita obati dan isolasi selama 2 Minggu baru diswab alhamdulilah hasilnya negatif,” jelasnya.

Setelah hasilnya swab negatif, kata Sukirman, kondisi Mahmud dalam keadaan sehat dan sembuh dari penyakitnya.

“Saya tanya apa obatnya, dia jawab tidak ada obatnya hanya minum vitamin dan mendekatkan diri kepada Allah SWT,” tutupnya.

Seseorang dinyatakan positif corona berdasarkan hasil laboratorium terkait swab tenggorok pasien.

Sementara rapid test, hanya sebagai alat penapisan atau deteksi dini. Tingkat akurasi rapid test ini banyak diragukan sehingg tidak salah beberapa negara memilih tidak menggunakan rapid test.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...