Warga Kepulauan Buton Belajar dari Wabah Puluhan Tahun Lalu

853
 

Kendari, Inilahsultra.com – Daerah Kepulauan di Sulawesi Tenggara, khususnya Kepulauan Buton pernah dilanda wabah puluhan tahun lalu.

Kala itu, wabah malaria atau demam berdarah dan munta bera (muntaber) pernah menjadi penyakit menakutkan waktu itu.

- Advertisement -

“Dalam setiap hari ada empat orang meninggal,” kata Syahrul Said yang juga anggota DPRD Sultra daerah pemilihan Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Wakatobi dan Kota Baubau, Jumat 24 April 2020.

Atas riwayat itu, kata dia, sebagian besar warga di Kepulauan Buton selalu waspada dengan adanya wabah, termasuk virus corona saat ini.

Dari pengamatan Syahrul, masyarakat di Kepualaun Buton sangat ketat terhadap orang yang masuk di suatu desa.

“Setiap desa sekarang siaga. Bahkan di Buton Selatan, tidak bisa masuk kalau tidak ada urusan penting,” katanya.

Ia melanjutkan, beberapa daerah di Kepulauan Buton masyarakat menyiapkan rumah khusus untuk mengkarantina warga yang baru saja pulang dari daerah pandemi.

Bahkan, lanjut politikus NasDem ini, jauh hari beberapa daerah sudah menerapkan lockdown semisal di Kecamatan Batu Atas.

“Masyarakat dan pemerintahnya kompak. Saya salut mereka punya kesadaran terhadap bahaya wabah ini,” ujarnya.

Meski demikian, kedisiplinan warga ini perlu dibarengi dengan prilaku hidup bersih dan sehat. Pemerintah juga harus menyiapkan segala kebutuhan warga selama mereka memilih berdiam diri di rumah.

“Soal penanganan virus corona ini menjadi tanggung jawab bersama. Pemerintah dan masyarakat harus kompak,” tuturnya.

Selain mengapresiasi disiplin warga, ia juga menilai kebijakan pemda menghentikan aktivitas pelayaran penumpang untuk sementara waktu adalah pilihan yang tepat.

“Ini demi pencegahan bahaya virus corona. Saya selaku wakil rakyat mendukung kebijakan ini namun pemerintah kabupaten kota harus menyiapkan logistik sebagai jaring pengaman ekonomi warga di tengah pandemi,” pungkasnya.

Penulis : Jusbar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...