Gubernur Sultra Tolak Rencana Kedatangan TKA China di Tengah Pandemi

1207
 

Kendari, Inilahsultra.com – Gubernur Sultra Ali Mazi menyatakan sikap menolak rencana kedatangan 500 tenaga kerja asing (TKA) asal China dalam waktu dekat ini.

Penolakan itu karena Sultra tengah menghadapi situasi pandemi virus corona.

- Advertisement -

Rencananya, 500 TKA asal negeri tirai bambu itu akan datang berangsur-angsur ke Bumi Anoa untuk bekerja di pabrik di Morosi Kabupaten Konawe.

Menurut Ali Mazi, kedatangan TKA China itu harusnya 22 April 2020 lalu.

Atas informasi itu, Ali Mazi kemudian menggelar rapat bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) dan menolak kebijakan pemerintah pusat itu.

Politikus NasDem ini berdasar bahwa penolakan itu karena bertentangan dengan suasana kebatinan masyarakat Sultra yang tengah berjuang melawan corona.

Menurut dia, meskipun para TKA itu mengantongi surat pendukung bebas corona, namun tidak tepat bila masuk di Sultra di tengah warganya melawan virus mematikan ini.

“Ini juga memicu keresahan masyarakat. 49 (TKA) yang lalu saja, kita sudah babak belur. Kita juga tetap harus lakukan karantina sesuai dengan perundang-undangan. Suasana kebatinan masyarakat menghadapi corona tidak tepat dengan memasukan TKA asal Cina,” katanya.

Untuk itu, ia meminta kepada perusahaan yang mempekerjakan TKA untuk menunda dulu mendatangkan pekerja luar itu setelah pandemi ini berakhir.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Komentar
loading...