Bertambah Satu, Pasien Positif Corona di Baubau Punya Riwayat Perjalanan ke Raha

1223
 

Baubau, Inilahsultra.com – Jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Kota Baubau bertambah satu orang, Rabu 29 April 2020. Saat ini, total pasien positif corona di Baubau menjadi tiga orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Baubau, dr Lukman menuturkan, pasien positif ini merupakan seorang pria (38) alamat Kecamatan Wolio dengan kode pasien 03.

- Advertisement -

Berdasarkan riwayat perjalanan sebelumnya, pasien 03 ini pernah ke Raha Kabupaten Muna dalam suatu kegiatan. Kemudian ke Kendari dan Makassar Sulsel, lalu balik ke Baubau.

“Pasien 03 ini telah melakukan rapid test atas keinginan sendiri, 20 April lalu dan hasilnya reaktif. Kemudian 23 April dilakukan swab dan hasilnya dinyatakan positif,” tutur dr Lukman melalui rilis resmi Gugus Tugas Covid-19 Baubau, Rabu 29 April 2020.

Kata dia, Pemkot Baubau telah melakukan isolasi terhadap pasien 03 ini di RSUD Baubau sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam menangani pasien positif corona, sebagaimana seperti pasien 01 dan 02.

“Kondisi kesehatan pasien 03 ini cukup baik dan sangat stabil. Dia cukup kooperatif sehingga tidak ada kendala untuk diisolasi ke RSUD,” ujarnya.

Dokter ahli penyakit dalam ini mengimbau kepada semua masyarakat untuk memberikan dukungan moral kepada tiga pasien yang terpapar Covid-19 serta memberikan semangat sehingga proses penyembuhannya bisa cepat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Wahyu meminta kepada masyarakat agar tidak perlu melakukan tindakan diluar ketentuan.

“Sebab, yang pasti ketiga pasien ini akan ditangani secara serius oleh Pemkot Baubau,” tukas mantan Kadis Perhubungan Kota Baubau ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, Muslimin Hibali menambahkan, pihaknya secara terus menerus melakukan penyemprotan disinfektan kepada area-area publik sebagai tindakan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kami juga memberikan bantuan sembako kepada masyarakat akibat dampak pandemi Covid-19,” pungkas Muslimin.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...