Tambahan 2 Kasus Positif di Kendari dari Klaster Makassar dan Sukabumi

293
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pasien terkonfirmasi positif virus corona di Kota Kendari kembali ada penambahan 2 kasus pada Kamis 30 April 2020.

Juru bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kendari, Alghazali Amirullah mengatakan, pasien positif berjenis kelamin perempuan berusia 31 tahun dari Kecamatan Baruga memiliki riwayat perjalanan luar daerah Kota Makassar.

- Advertisement -

“Perlu kita ketahui bersama bahwa Kota Makassar dan Kendari sama transmisi lokal penyebaran virus corona atau zona merah. Kita semua harus tingkatkan kewaspadaan,” kata dr. Alghazali Amirullah di Media Center Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kendari, Kamis 30 April 2020 pukul 17.00 WITa

Kemudian, pasien positif jenis kelamin laki-laki berusia 41 tahun dari Kecamatan Baruga riwayat perjalanan luar daerah ke Sukabumi. Sehingga kasus positif hingga hari ini sebanyak 29 orang, 5 orang dinyatakan sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan masih dalam proses perawatan tim medis sebanyak 22 kasus.

“Dengan adanya penambahan 3 orang kasus corona dalam dua hari berturut-turut ini berarti kita harus benar-benar saling mengingatkan, menjaga, melindungi, mendoakan dan jangan lupa selalu meningkatkan kewaspadaan,” jelasnya.

Untuk pasien dalam perawatan (PDP) ada tambahan 1 kasus baru dari Kecamatan Kambu jenis kelamin perempuan usia 20 tahun. Sehingga totoal PDP 31 orang, selesai pengawasan 28 orang, masih proses pengawasan 3 orang.

“PDP tersebut memiliki gejala medis batuk dan nyeri ulu hati dan tidak ada riwayat luar daerah maupun kontak dengan pasien positif sebelumnya,” jelasnya.

Sementata orang dalam pemantauan (ODP) total 134 orang, selesai pemantauan 131 orang dan masih dalam proses pemantauan 3 orang. Kemudian orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 209 orang, selesai pemantauan 114 orang dan masih dalam proses pemantauan 95 orang.

“ODP tidak ada tambahan, sementara OTG ada tambahan 10 orang masuk dalam OTG,” jelasnya.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Kendari ini mengimbau masyarakat, untuk terus mengikuti himbauan dari pemerintah untuk tidak berkumpul, tidak ke tempat-tempat keramaian, menjaga jarak dengan orang lain, menggunakan masker, sering cuci tangan dengan sabun, dan tidak mudik dalam memutus penularan Covid-19 ini

“Tidak ada henti-hentinya kami menyampaikan tetap mengikuti imbauan-imbauan pemerintah dalam memutus penyebaran mata rantai Covid-19,” jelasnya

Ia menambahkan, kepada masyarakat apabila memiliki gejala untuk segera melaporkan kepada tim surveilens atau tim medis, sebelum gejala virus mematikan menyerang lebih luas dalam tubuh.

“Jika sakit menghubungi dokter atau layanan fasilitas kesehatan terdekat dengan menyampaikan apa adanya dan jujur terkait penyakit yang diderita,” tuturnya.

Berikut data selengkapnya

1. Mandonga 2 positif
2. Kendari Barat 1 positif
3. Kendari 1 PDP
4. Nambo tidak ada kasus
5. Abeli tidak ada kasus
6. Poasia 4 positif
7. Kambu 2 ODP 1 PDP 1 positif
8. Baruga 1 PDP 7 positif
9. Wuawua 4 positif
10. Kadia 1 ODP 1 positif
11. Puuwatu 2 positif

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...