Terus Fokus di Gerakan Kemanusiaan, PKB Sultra Bagikan Masker dan Sembako

432
 

Kendari, Inilahsultra.com – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus fokus pada gerakan kemanusiaan di tengah pandemi virus corona.

Gerakan bagi-bagi ribuan masker dan logistik ke masyarakat di 17 kabupaten atau kota terus digalakan pengurus partai yang diampu Muhaimin Iskandar itu.

- Advertisement -

Ketua DPW PKB Sultra Jaelani menyatakan, pembagian masker ini dilakukan di beberapa titik yang ramai dikunjungi warga. Misalnya, di pasar-pasar, pusat perbelanjaan, di pelabuhan dan tak terkecuali di rumah-rumah warga.

“Ini juga digerakan pengurus kita di 17 kabupaten atau kota di Sultra. Ini merupakan perintah langsung Ketua Umum Muhaimin Iskandar bahwa PKB harus berada di garda terdepan dalam melawan covid-19 ini,” kata Jaelani, Sabtu 2 Mei 2020.

Ia mengaku, DPW PKB terus mendorong seluruh struktur partai mulai dari DPW dan DPC untuk terus bergerak menjalankan instruksi Ketua Umum DPP PKB A Muhaimin Iskandar untuk menjadi menjadi garda terdepan melawan Covid19.

“Fokusnya tetap pada gerakan kemanusiaan dengan memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19,” jelasnya.

Jaelani melanjutkan, di Sultra sudah ada 62 kasus virus corona dengan 11 orang yang sembuh dan 2 meninggal dunia.

Angka 62 kasus itu, kata Jaelani, tidak sedikit terlebih Kota Kendari dan Muna menjadi daerah transmisi.

Sebagai daerah transmisi, potensi pertambahan terkonfirmasi positif sangat besar karena mengikuti pergerakan manusia.

DPW PKB Sultra membagikan masker ke warga di Pelabuhan Ikan. (Istimewa)

Untuk itu, salah satu cara mengantisipasi dan memutus mata rantai virus dengan cara mengikuti protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah.

Misalnya, mengenakan masker pada saat keluar rumah.

“Makanya, PKB gencar membagikan masker gratis. Karena banyak masyarakat tak mendapatkan masker karena mengalami kelangkaan. Kalau pun ada, harganya mahal sehingga membuat warga enggan membeli,” bebernya.

Selain mengenakan masker, warga juga harus patuh pada prinsip phisycal distancing. Menjaga jarak adalah cara memutus penularan virus mematikan itu.

“Prilaku hidup bersih dan sehat serta menghindari kebiasaan menyentuh wajah itu sangat penting diterapkan di tengah pandemi ini,” imbuhnya.

Selain membagikan masker, DPW PKB Sultra juga membagikan sembako gratis ke warga kurang mampu. Pembagiannya bekerja sama dengan relawan.

“Rencananya, nanti akan kita bagi lagi ribuan paket di Sultra,” imbuh pria yang akrab disapa Bang Jay ini.

Perempuan dan Dampak Corona

Sementara itu, Sekretaris DPW PKB Sultra Irawati Umar Tjong menyebut, dampak pandemi corona sangat dirasakan kaum perempuan.

Ia mencontohkan, kebutuhan nutrisi keluarga selama pandemi sangat terbatas karena banyak sumber pekerjaan warga berhenti.

“Dampak yang ditimbulkan covid-19 ini adalah kaum perempuan yang bersentuhan langsung dengan dapur. Bayangkan, banyak warga kita sudah tidak bekerja lantas dari mana mau penuhi kebutuhan hidup dan nutrisi mereka?,” kata Irawati.

Untuk itu, kata dia, PKB akan terus menyisir warga yang terdampak langsung dengan virus corona ini. Sebab, virus ini bukan hanya mengancam nyawa tetapi menciptakan kelompok miskin baru.

“Untuk itu, fokus PKB adalah para lanjut usia (lansia) dan warga yang marjinal. Mereka harus kita sentuh dan temui langsung,” tuturnya.

Penulis : Nur Kasri

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...