Hindari Kerumunan, Anggota DPRD Wakatobi Sarankan Penerima BST Diumumkan

508
 

Wakatobi, Inilahsultra.com – Jumlah penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) di Kabupaten Wakatobi sebanyak 8.176 Kepala Keluarga (KK).

Saat ini, baru sebagian kecial atau sebanyak 841 KK yang menerima BST melalui nomor rekening masing-masing.

- Advertisement -

Buntutnya, warga yang belum mendapatkan pemberitahuan melalui SMS Banking berbondong-bondong mendatangi Bank Rakyat Indonesia (BRI) KCP Unit Wangiwangi, Selasa 6 Mei. Kontan, aksi warga ini menciptakan kerumunan di depan BRI.

Hal ini dianggap tidak mengindahkan imbauan pemerintah agar melakukan jaga jarak untuk memutus mata rantai Virus Corona atau Covid-19. Apalagi Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi juga sudah mengeluarkan imbauan dan disampaikan sesuai Surat Edaran (SE) Bupati Wakatobi nomor 443.1/60/III/2020 tentang pencegahan penyebaran COVID-19 di Lingkungan Kabupaten Wakatobi.

Anggota DPRD Wakatobi Arman Alini menyarankan agar pihak terkait dalam hal ini Dinas Sosial agar melakukan klasterisasi.

“Untuk kemudian diklaster. Yang tidak punya rekening dan kemudian yang harus menerima melalui Kantor Pos. Kemudian pembagiannya diatur waktunya sehingga orang tidak berkerumun, jadi itu masukan kepada Dinas Sosial,” sarannya.

Selain itu, dia meminta agar Dinas Sosial Wakatobi melakukan penempelan nama penerima BST yang menerima melalui rekening langsung maupun melalui Kantor Pos. Sehingga dapat menghindari kerumunan massa.

“Bila perlu ditempel (Nama-nama penerima BST), atau dibuat secara online. Sehingga data terpadu penerima manfaat itu bisa kemudian lebih terbuka, bisa saja ada satu dua orang masyarakat yang berhak menerima namun belum terkafer,” terangnya.

Bila hal tersebut dilakukan, lanjut Arman, maka dapat menyempurnakan data angka kemiskinan di Kabupaten Wakatobi agar lebih konkrit. Sehingga masyarakat bisa dilayani dengan baik serta bantuan tepat sasaran.

Reporter: La Ode Samsuddin

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...