Ridwan Bae Nyatakan Kartu Pra Kerja Untungkan Masyarakat

1241
 

Kendari, Inilahsultra.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Ridwan Bae menilai, kartu pra kerja pemerintah menguntungkan masyarakat.

Menurut politikus Golkar ini, tujuan utama dari program kartu pra-kerja adalah memberikan bekal pada masyarakat tentang kemampuan bekerja.

- Advertisement -

“Itu dulu yang harus kita cermati,” ungkap Ridwan Bae kepada wartawan, Selasa (5/5/2020).

Wakil Ketua Komisi V DPR RI ini menegaskan, penerapan kartu pra-kerja saat ini adalah realisasi dari janji kampanye Presiden Joko Widodo.

Ia menjelaskan, tujuan dari program ini adalah memberikan pelatihan peningkatan kapasitas keahlian dan keterampilan kepada calon pekerja.

“Sehingga mereka (calon pekerja) akan jauh lebih siap untuk memasuki dunia kerja,” jelasnya.

Ia menyebut, dalam pelaksanaan program ini, sudah barang tentu melibatkan pihak lain, termasuk penyedia modul belajar untuk menjamin program berjalan sesuai target.

“Targetnya itu adalah masyarakat yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan program kartu prakerja. Jadi sangat jelas bahwa secara prinsipil yang diuntungkan adalah masyarakat,” imbuhnya.

Sebagian pihak, program kartu prakerja Jokowi ini dianggap terkesan dipaksakan dan tidak efektif.

Namun, hal itu dibantah oleh mantan Bupati Muna dua periode ini.

Menurutnya, untuk memastikan program kartu prakerja berjalan dengan baik Airlangga Hartarto selaku Menko Perekonomian sudah mengkoordinasikannya kepada semua pihak yang berkepentingan. Hal itu juga dilakukan dalam rangka pengawasan dan evaluasi.

“Sehingga nantinya tujuan program berjalan sesuai rencana dan tepat sasaran. Jadi tidak benar jika program kartu prakerja ini hanya mengakomodir kepentingan tertentu,” tegas Ridwan Bae.

Ridwan Bae mengaku heran karena ada orang yang kerjanya hanya mengkritik atau mencari-cari kesalahan. Padahal, kata dia, Airlangga sudah bekerja maksimal.

“Janganlah selalu mencari-cari kesalahan. Pak Airlangga Hartarto sudah mempersembahkan dirinya secara total. Mempersembahkan tenaganya, pikirannya, untuk bangsa ini,” tuturnya.

Meski demikian, Ridwan mengaku mahfum terhadap perbedaan pandangan atas sebuah kebijakan karena pada dasarnya terjadi perbedaan kepentingan.

“Saya pahami itu, tetapi, kita harus tahu bahwa yang diutamakan pak Airlangga Hartarto adalah kepentingan bangsa, dan kesejahteraan masyarakat, bukan kepentingan pribadi atau kelompoknya,” pungkasnya.

Penulis : Nur Kasri

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...