Tim Bareskrim Masuk di Sultra Diduga Gunakan Jet Pribadi

Kedatangan beberapa orang dari luar daerah di Bandara Halu Oleo menggunakan pesawat diluar jadwal angkutan rutin, Selasa (5/5/2020) sekitar pukul 20.00 Wita. (Istimewa)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Di tengah pandemi Covid-19 di wilayah Sultra, beredar informasi, 8 orang dari Tipidter Bareskrim Polri diduga memasuki Sultra melalui Bandara Halu Oleo Kendari, Selasa (5/5/2020).

Kedatangan mereka, menurut informasi yang berhasil dihimpun menggunakan pesawat di luar jadwal penerbangan rutin.

-Advertisement-

Tim sebanyak ini, diduga berasal dari DKI Jakarta. Salah satu wilayah dengan penyebaran pasien Covid-19 tertinggi di Indonesia. Padahal, seharusnya menurut protokol penanganan Covid-19, pendatang atau warga yang baru bepergian dari daerah terjangkit, sebelum masuk ke wilayah Kendari harus melakukan monitoring mandiri.

Dari data yang dihimpun, tim yang diduga dari Mabes Polri datang sekitar pukul 20.00 Wita. Ke delapannya kemudian menginap pada salah satu hotel di Kota Kendari.

Terkait kedatangan warga dari luar daerah dengan transmisi lokal penyebaran Covid-19, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Provinsi La Ode Rabiul Awal mengatakan, sebaiknya melakukan monitoring mandiri.

“Kalau melalui pemeriksaan dan hasilnya agresif, maka pemeriksaan tidak salah dilakukan,” ujar Rabiul Awal.

Penjelasan Rabiul Awal dijabarkan dalam protokol kesehatan yang dikeluarkan Dirjen Pencegahan Penyakit Kemenkes RI Maret 2020. Pelaku perjalanan dari Negara/wilayah dengan transmisi lokal Covid-19 maka harus melakukan karantina mandiri selama 14 hari sejak kedatangan. Selama masa karantina diharuskan untuk tinggal sendiri di kamar yang terpisah, menghindari kontak dengan anggota keluarga lainnya dan tidak boleh melakukan aktivitas di luar rumah.

Kedatangan jet pribadi pada pukul 19.45 Wita, dibenarkan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kota Kendari, La Ode Muhamad Hajar Doni. Namun, dia tak merinci siapa saja rombongan yang menumpangi pesawat jet pribadi tersebut.

Dia memastikan, semua orang yang masuk melalui Bandara HLO Kendari dan dari daerah Zona Merah seperti Jakarta, pastinya diperiksa oleh KKP. La Ode Hajar menuturkan, selain jet pribadi ada dua penerbangan rutin lainnya di Bandara Halu Oleo Kendari yakni, penerbangan pesawat Lion Air pada pukul 10.00 Wita dan 15.00 Wita.

“Iya memang ada dua penerbangan hari ini, selain itu ada juga penerbangan Jet Pribadi pada pukul 20.00 WITA,” ujar La Ode membenarkan.

Ditanyakan soal mekanisme rombongan jet pribadi masuk di bandara, apakah melalui pemeriksan KKP, La Ode Hajar tak menjawab. Dia membenarkan, mereka hanya menerima laporan bahwa akan adanya kedatangan jet pribadi di Bandara HLO Kendari.

“Iya, kita sudah terima laporannya,” pungkasnya.

Dari dokumentasi yang diterima dari salah seorang sumber di bandara, ada rombongan yang tiba menggunakan pesawat di luar jadwal penerbangan rutin. Setelah melakukan pengecekan manifes, ditemukan ada sejumlah nama perwira polisi setingkat pejabat utama di Polda Sultra yang tiba di Kendari.

Kedatangan mereka, menurut kabar yang beredar, juga bersama salah seorang pengusaha tambang di Sultra. Terkait kebenaran informasi ini, Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Pol Ferry Walintukan SIK belum menjawab saat hendak dikonfirmasi. Saat dihubungi via pesan singkat, Ferry belum membalas.

Penulis : Akbar

Facebook Comments