Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, DPM PTSP Mubar Genjot Percepatan Pengurusan Izin Usaha

618
 

Laworo, Inilahsultra.com– Untuk meningkatkan perputaran perekonomian masyarakat Kabupaten Muna Barat (Mubar), Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM- PTSP) Mubar turun langsung memberikan pemahaman kepada pelaku usaha terkait pengurusan izin usaha secara elektronik melalui sistem online single submision (OSS).

Kepala Dinas PTSP Mubar, Liber saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 6 Mei 2020 mengatakan, program OSS itu merupakan salah satu langka Pemda Mubar untuk mempermudah pelaku usaha dalam memperoleh izin usaha yang terintegritas dan memiliki jaminan hukum kepada pemerintah.

- Advertisement -

Bagi masyarakat atau pelaku usaha yang akan mengurus izin usaha melalui sistem OSS, kata dia, harus melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), email, nomor HP dan Pajak Bumi Bangunan (PBB) sudah dilunasi.

“Kita sudah mulai perkenalkan itu di masyarakat. Kemarin sudah disosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada para pelaku usaha,” kata Liber.

Untuk sosialisasi perdana, terang Liber di Kecamatan Wadaga. Selanjutnya, kalau sudah selesai pandemi Covid-19, akan sosialisasi di seluruh kecamatan di Mubar.

“Semoga dengan sosialisasi ini, masyarakat tidak kebingungan lagi ketika mau mengurus izin usahanya,” ujarnya.

Liber menjelaskan, bahwa kegiatan itu sebagai bentuk pelayanan, mewujudkan pengawalan dan peran aktif penyelesaian hambatan pelaksanaan berusaha yang ada di Mubar dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Untuk itu, ia juga mengarahkan, pembuatan izin usaha melalui sistem OSS itu dapat diakses oleh siapapun. Bagi yang tidak mengerti untuk mengakses, jajaran DPM PTSP akan terus bergerak dan membatu masyarakat yang ingin memiliki usaha.

Kemudian, bagi masyarakat yang ingin membuat izin usaha dapat mengakses online melalui website https://oss.go.id/oss/.

“Jadi kalau ada masyarakat yang belum paham aplikasi tersebut akan dibantu operator yang ada di kantor kami. Masyarakat cukup menyediakannya berkasnya dengan lengkap,” jelas Liber.

Pengurusan izin OSS tersebut, sambung dia tidak dipungut biaya. Pelaku usaha yang sudah mendaftarkan usahanya melalui sistem OSS, akan mendapatkan NIB (Nomor Induk Berusaha).

NIB, terang mantan Camat Wadaga ini merupakan pengganti dari TDP (Tanda Daftar Perusahaan).

“Dari NIB tersebut, kita dapat mengetahui profil perusahaan dan kegiatan usaha apa saja yang dilakukan oleh pelaku usaha terdaftar,” jelasnya.

Reporter : Muh Nur Alim

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...