Jaminan Keluarga, Anak 11 Tahun Positif Corona di Baubau Karantina Mandiri

1062
 

Baubau, Inilahsultra.com – Kota Baubau kembali menemukan satu pasien positif virus Corona atau Covid-19.

Hal itu diungkap Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Baubau, dr Lukman saat menggelar press rilis, Jumat 8 Mei 2020.

- Advertisement -

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Baubau menerima hasil PCR dua pasien dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sultra.

Sebenarnya, kata Lukman, ada tujuh swab yang dikirim. Tapi baru dua yang keluar hasilnya yaitu seorang pria (55) dengan hasil negatif dan selanjutnya seorang anak laki-laki (11) dengan hasil positif.

“Jadi jumlah pasien yang terkonfirm (positif) Corona untuk Kota Baubau berjumlah lima orang,” ujar Lukman.

Dijelaskan, anak laki-laki yang positif corona dengan kode pasien 05 ini merupakan klaster Raha Kabupaten Muna dan pernah melakukan kontak dengan pasien 04 pada 20 April 2020 lalu.

“Menurut kami, ini belum transmisi lokal karena ini baru generasi pertama. Yang dikatakan transmisi lokal itu adalah transisi dua ke tiga,” jelasnya.

Pasien 05 ini, tambah Lukman, menjalani isolasi mandiri di rumah bukan di RSUD Baubau karena pihak keluarga memberikan jaminan bahwa pasien tidak akan kontak dengan anggota keluarga yang lain.

Dengan jaminan tersebut, Gugus Tugas Covid-19 Baubau berani mengambil keputusan isolasi mandiri itu dengan memberi penjelasan kepada pihak keluarga terkait protokol isolasi mandiri.

“Ada petugas yang akan melakukan kontrol setiap harinya. Pasien harus berada di kamar tersendiri dan selalu menggunakan masker serta tetap jaga jarak jangan terlalu berinteraksi,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...