Mendukung Upaya Pemprov Sultra Gandeng Swasta Tangani Pandemi Covid-19

468
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pengadaan karung beras bergambar Gubernur Sultra mendapat sorotan di berbagai kalangan. Tidak terlepas dari itu, akdemisi Amin Tunda selaku Dosen Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UHO dan aktif di kegiatan-kegiatan sosial mengharapkan adanya bantuan sektor privat dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya yang dikelola pemerintah untuk membantu masyarakat.

Menurutnya, upaya yang dilakukan Pemprov Sultra dengan menggandeng pihak swasta melalui bantuan CSR adalah stimulus memanggil jiwa sosial dan solidaritas seluruh perusahaan baik tambang, hotel, pasar modern, bank dan lain-lain untuk terlibat membantu masyarakat yang terdampak virus corona.

- Advertisement -

“Kehadiran mereka adalah bentuk dukungan Program Jaring Pengaman Sosial yang dirancang pemerintah baik di tingkat nasional maupun daerah. Selain itu juga akan membentuk prestise, pemerintah tidak sendirian membantu masyarakat yang terdampak. Di sisi lain, mampu mengangkat citra positif perusahaan itu sendiri,” kata Amin Tunda, Sabtu 9 Mei 2020.

Selama ini, program CSR hanya dinikmati sebagian masyarakat, khususnya ring 1, yakni wilayah kerja operasi perusahaan baik yang dikelola secara mandiri, NGO, atau dilimpahkan ke pemerintah. Namun kondisi negeri ini sedang berada di titik kritis di tengah pandemi Covid-19, sehingga keterlibatan sektor privat sangat penting untuk membantu pemerintah menghadapi wabah ini.

Ia menyebut, bantuan yang diberikan swasta dan BUMN baru-baru ini memang mengundang kontroversi. Namun, mari kita lihat sisi lainnya. Bantuan itu bisa menyentuh seluruh kabupaten/kota yang berada di luar wilayah kerja perusahaan.

“Saya berharap, khususnya pemprov mengajak seluruh perusahaan yang beroperasi di Wilayah Sulawesi Tenggara bahu membahu membantu masyarakat yang terdampak covid-19,” harapnya.

Penulis : Jusbar

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...