Perjalanan 15 Warga Buton Tengah yang Positif Corona

2031
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Setelah sekian lama mempertahankan zona hijau Kabupaten Buton Tengah terpaksa masuk kategori zona merah pascadinyatakan 15 orang positif covid-19 oleh Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra, dr La Ode Rabiul Awal.

Total tambahan kasus baru di Sultra pada hari ini, Jumat 15 Mei 2020, sebanyak 16 kasus. Sebanyak 15 orang dari Buteng dan 1 orang dari Bombana.

- Advertisement -

“Secara umum sampai hari ini kita mendapat tambahan satu kabupaten baru sehingga menjadi 11 kabupaten daerah terdampak Covid-19 di Sultra dimana sebelumnya 10 kabupaten, ditambah satu kabupaten baru yakni Buton Tengah sebanyak 15 orang positif, dan Kabupaten Bombana orang” kata dr La Ode Wayong Rabiul Awal melalui rilisnya, Jumat 15 Mei 2020.

Dengan tambahan 16 kasus baru ini maka total konfirmasi positif menjadi 183 orang. Kasus sembuh bertambah dua orang menjadi 19 orang dan kasus meninggal tidak ada penambahan atau tetap empat orang.

“Sedang yang menjalani perawatan secara keseluruhan menjadi 160 orang dengan catatan tambahan kita ikut merawat satu orang dari luar wilayah dari Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah,” katanya.

Sementara untuk kasus sembuh keduanya laki-laki 41 tahun dan 53 tahun. Keduanya tercatat sebagai warga Kota Kendari.

Sementara Juru Bicara Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Buton Tengah dr Karyadi mengatakan sebelumnya 15 orang yang dinyatakan positif tersebut merupakan hasil dari 24 orang yang dinyatakan reaktif pada hasil rapid test sebanyak 160 OTG yang ada di Kabupaten Buton Tengah.

“Kita baru dapatkam surat resmi dari tim gugus tugas provinsi rencana kita akan adakan pertemuan besok (Sabtu 16 mei 2020) gugus tugas kabupaten Buton Tengah,” katanya.

Ketika ditanya terkait, pasian yang dinyatakan positif covid 19 berasal dari klaster mana, Karyadi membeberkan mereka merupakan eks penumpang KM Ngapulu yang beberapa waktu lalu sandar di Kota Baubau.

“Mereka dari KM Ngapulu, sebelumnya sudah dilakukan rapid tes reaktif dan hasil swabnya baru disampaikan lagi dari tim gugus tugas provinsi dinyatakan positif covid 19,” terangnya.

Untuk diketahui terdapat 160 Orang Tanpa Gejala (OTG) di Kabupaten Buteng dan 24 orang dinyatakan reaktif setelah menjalani rapid test. 24 dinyatakan reaktif tersebut terdiri dari Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng) sebanyak 16 orang, Kecamatan Mawasangka empat orang, Kecamatan Mawasangka Timur (Mastim) dua orang dan Kecamatan GU dua orang.

Berikut rincian sebaran kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan data Gugus Tugas Covid-19 Sultra,:

1. Kabupaten Bombana 67 orang.
2. Kota Kendari 48 orang.
3. Kabupaten Buton Tengah 15 orang.
4. Kabupaten Muna 12 orang.
5. Kabupaten Kolaka Timur 9 orang.
6. Kabupaten Konawe 7 orang.
7. Kabupaten Kolaka Utara 7 orang.
8. Kabupaten Kolaka Selatan 6 orang.
9. Kabupaten wakatobi 6 orang.
10. Kota Baubau 5 orang.
11. Kabupaten Kolaka 1 orang.
12. Luar wilayah 1 orang.

Penulis : LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...