Kecewa, Masyarakat Boikot Jalan Hauling Industri Tambang di Morosi

5787
 

Konawe, Inilahsultra.com – Forum Masyarakat Susah Lingkar Tambang PT. VDNI dan PT. OSS melakukan aksi boikot jalan hauling PT Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI), Seni 18 Mei 2020.

Hal itu dilakukan karena perusahaan berbendera Tiongkok itu dianggap tak pernah merealisasikan tanggung jawabnya kepada masyarakat sejak kehadirannya pada 2014 lalu.

- Advertisement -

Dalam aksi tersebut sempat terjadi aksi saling lempar batu antara oknum preman dengan masyarakat.

Kasman Hasbur selaku jendral lapangan mengungkapkan yang melatarbelakangi sehingga aksi ini terjadi, karena seluruh tanggung jawab perusahaan sejak tahun 2014 hingga saat ini tak ada yang terealisasi, diantaranya perseoalan kesehatan, pedidikan dan pemberdayaan ekonomi.

Dalam tuntutannya, mereka mendesak PT. Virtue Dragon Nickel Industri (VDNI) segera memunculkan sertifikat lahan-lahan masyarakat yang sebanyak 86.

Kemudian, meminta PT VDNI memberdayakan masyarakat lokal dan melibatkan dalam mengambil bagian untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Ketiga perusahaan tidaklah melakukan diskriminasi baik dalam melakukan perekrutan karyawan, terjadinya PHK sepihak dan segera menghentikan eksploitasi hak-hak buruh,” tekannya.

Dalam aksi ini turut dikawal oleh aparat keamanan berenjata lengkap. Kapolres Konawe AKBP Yudi Kritanto, S.I.K turut hadir mediasi masyarakat.

“Kami ke sini untuk melakukan mediasi kepada pihak perusahaan dan pihak masyarakat, salah satunya persoalan sertifikat masyarakat yang belum juga selesai, kemudian adanya pemecatan sepihak. Dengan itu kami akan jembatani agar semuanya lancer,” tuturnya.

Jurnalis Inilahsultra.com berusaha menghubungi perwakilan perusahaan atas protes warga ini namun belum memberikan respon.

Penulis : Jusbar

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
5
Komentar
loading...