Masuk Zona Hijau, Pemkab Buton Izinkan Warga Salat Idulfitri di Lapangan

655
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Satgas Covid 19 Kabupaten Buton akhirnya memperbolehkan warga bumi penghasil aspal itu melaksanakan Salat Idulfitri secara berjamaah, baik di lapangan maupun di masjid.

Keputusan ini diambil mengingat Kabupaten Buton tergolong zona hijau dalam penyebaran Covid 19.

- Advertisement -

Ketua Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Buton La Bakry menegaskan, sesuai hasil pemaparan semua pihak baik dari Kementerian Agama (Kemenag), Dinas Kesehatan (Dinkes), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan instansi terkait lainnya dengan memperhatikan perkembangan penyebaran Covid 19 di Buton.

β€œDalam pelaksanaan Salat Idulfitri, tentu saja harus memperhatikan protokoler kesehatan. Salat harus pakai masker. Jika batuk, flu tidak diperbolehkan untuk shalat berjamaah. Cukup salat di rumah saja,” kata Bupati Buton ini usai memimpin rapat bersama Kenenag, MUI di Ruang Rapat Kantor Bupati Buton di Takawa Pasarwajo, Senin 18 Mei 2020.

Rapat tersebut dihadiri Wakil Bupati Iis Elianti, Sekretaris Daerah (Sekda) La Ode Zilfar Djafar, Kepala Kemenag Buton Mukhtar, MUI Buton, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah dan sejumlah Kepala Desa Lingkup Pemkab Buton.

Ketua DPD Partai Golkar Buton ini memerintahkan Tim Gugus Tugas Covid 19 untuk memperketat pintu masuk wilayah Kabupaten Buton pada pelaksanaan salat Idulfitri nantinya. Satgas, TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan tenaga medis perlu menjaga ketat pintu-pintu perbatasan di Kabupaten Buton. Mereka akan dilengkapi alat pengukur suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan.

β€œDi pintu masuk nantinya, petugas kesehatan menyiapkan pengukur suhu tubuh dan masker. Jika ada masyarakat yang datang tidak memakai masker, akan disiapkan masker. Khusus di Pasarwajo, Pelaksanaan Shalat Idulfitri akan dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Banabungi,” kata La Bakry.

Dia mengatakan di tempat pelaksanaan Salat Idulfitri, di pintu-pintu masuk akan disiapkan tempat cuci tangan.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...