Desa Labulanda Butur Optimalkan Lahan Penanaman Nilam

693
 

Buranga, Inilahsultra.com – Dinas Pertanian Kabupaten Buton Utara (Butur) menyerahkan bantuan optimalisasi lahan untuk penanaman Nilam di Desa Labulanda Kecamatan Kulisusu Barat (Kulbar). Bantuan tersebut kini telah diserahkan kepada warga.

Kepala Desa Labulanda Aswan, S.Pi mengatakan, ditengah Pandemi Corona atau Covid-19 saat ini, warga tetap berupaya agar bisa meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga. Salah satunya dengan menanam Nilam.

- Advertisement -

“Saya rasa kalau warga bekerja di kebun, aman lah dari Virus Corona. Selain itu warga bisa meningkatkan pendapatan ekonominya,” tuturnya via telepon selular.

Lanjut Aswan, warga yang mendapatkan bantuan optimalisasi lahan sejak lama menanam Nilam. Makanya pemerintah terus mendorong melalui bantuan agar warga bisa menambah luas areal tanam. Sehingga warga bisa mendapatkan hasil yang lebih banyak lagi.

Aswan mengungkapkan, lahan budidaya tanaman Nilam di Desa Labulanda bisa mencapai ratusan hektar. Potensi inilah yang dilihat pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat.

“Semakin luas areal tanamnya, hasilnya akan semakin banyak. Dan penghasilan warga juga bertambah. Makanya pemerintah mendorong warga agar memaksimalkan potensi lahan yang tersedia,” terangnya.

Menurut Aswan, saat ini pemerintah terus memberdayakan para petani dengan berbagai program. Salah satunya dengan melakukan tahap pemetaan CPCL (Calon Petani Calon Lokasi).

Program ini, lanjut Aswan, akan mendorong warga untuk bertani dengan lahan yang tersedia. Sehingga kedepan bisa meningkatkan kesejahteraan warga.

“Petaninya ada, lahannya ada. Warga bisa bertani dengan tenang. Tapi kalau petani ada, lahan tidak ada, ini yang jadi masalah. Tapi di desa ini selama warga serius ingin bertani, lahan masih luas,” terangnya.

Aswan berharap, bantuan yang diberikan pemerintah kepada warga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baik. Pasalnya, bantuan tersebut merupakan bentuk keseriusan pemerintah untuk mensejahterakan warganya.

Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...