Virus Corona di Bombana : Meledak Kasusnya, Signifikan Sembuhnya

6211
 

Kendari, Inilahsultra.com – Penemuan kasus virus corona di Kabupaten Bombana sempat membuat geger masyarakat Sultra.

Pasalnya, pada Rabu 13 Mei 2020 lalu, Gugus Tugas Covid-19 Sultra mengumumkan ledakan kasus sebanyak 91 terkonfirmasi positif baru di Bumi Anoa yang mengakumulasi seluruh kasus positif corona di Sultra menjadi 167 kasus.

- Advertisement -

Dari 91 kasus baru diumumkan itu, sebanyak 60 orang warga Kabupaten Bombana. Satu orang klaster sporadis dan 59 masuk klaster KM Dorolonda.

Beberapa hari sebelum itu, Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sultra pernah mengumukan 4 kasus lain dari Bombana yang juga bagian dari klaster KM Dorolonda. Dengan demikian, total klaster Dorolonda di Kabupaten Bombana berjumlah 63 orang.

Seluruh pasien yang dinyatakan positif itu akhirnya dirawat di rumah sakit setempat. Beberapa di antaranya adalah anak-anak yang kontak langsung dengan penumpang KM Dorolonda.

“Tidak semua pasien Bombana ini penumpang KM Dorolonda. Tapi ada beberapa yang kontak langsung dengan penumpang yang terinfeksi,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra La Ode Rabiul Awal beberapa waktu lalu.

Baru dua pekan menjalani perawatan, tepatnya hari ini, Selasa 26 Mei 2020, terjadi kasus sembuh signifikan di Sultra yang didominasi Kabupaten Bombana.

Total sebanyak 49 orang dinyatakan sembuh hari ini dengan rincian sebanyak 48 orang dari Kabupaten Bombana dan satunya dari Kota Kendari.

Barangkali, kata Rabiul Awal, berita ini menjadi kabar baik bagi gugus tugas, tim medis dan keluarga pasien.

Sebab, hanya butuh waktu 14 hari menjalani isolasi, 48 pasien dari Bombana dinyatakan sembuh dan sudah bisa bertemu keluarganya.

Sejauh ini, Kabupaten Bombana menjadi daerah paling banyak ditemukan kasus corona dengan akumulasi terkonfirmasi positif sebanyak 67 kasus.

Namun, dengan adanya kasus sembuh terakumulasi 52 orang, maka tersisa 15 orang menjalani perawatan.

Sembuhnya pasien covid-19 di Bombana, juga menambah jumlah kasus sembuh sebanyak 100 orang dari 215 kasus dan turut menurunkan jumlah pasien yang dirawat secara keseluruhan di Sultra tinggal 111 orang.

Data Gugus Tugas Sultra, sebanyak 100 orang sembuh secara akumulatif di Sultra itu tersebar di beberapa kabupaten yakni, Kolaka 1 orang, Konawe 4 orang, Muna 9 orang, Kota Kendari 26 orang, Baubau 2 orang, Konawe Selatan 3 orang, Kolaka Utara 3 orang dan Bombana 52 orang.

Penulis : Pandi

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...