Balai Kesehatan Lanal Kendari Rapid Test Massal Pengguna Jasa Pelabuhan

Balai Kesehatan Lanal Kendari menggelar rapid test massal pengguna jasa pelabuhan. (Istimewa)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari, Lantamal VI, Koarmada II bergerak cepat dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah kota Kendari. Melalui satuan Gugus Tugas Penanganan Covid -19 Provinsi Sultra, BK Lanal Kendari menggelar rapid test massal yang dilaksanakan di Terminal Penumpang Pelabuhan Bungkutoko Kendari, Kamis (28/05/2020).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Kesehatan Lanal Kendari di bawah kendali dari Danlanal Kendari, Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia, S.Sos didukung dari KSOP Kota Kendari dan KKP kelas II kota Kendari.

-Advertisement-
Balai Kesehatan Lanal Kendari menggelar rapid test massal pengguna jasa pelabuhan. (Istimewa)

“Rapid test ini dilaksanakan atas perintah Panglima TNI yaitu membantu tim pengendalian dan pengawasan penegakkan hukum Gugus Tugas Covid-19 daerah sehubungan dengan ditetapkannya kriteria pembatasan perjalanan orang di seluruh Indonesia, Lanal Kendari selaku Dansatgas untuk angkutan laut, dibantu oleh tim KKP, dinkes provinsi, unsur Ditjen Hubla, Polri dan syahbandar melaksanakan tindakan antisipasi memutus rantai penyebaran Covid -19,” katanya.

Ia menyebut, sasaran kegiatan ini adalah pengguna jasa maupun fasilitas laut dan bagi para penumpang yang baru tiba maupun yang berangkat melalui pelabuhan tersebut.

Dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap personel BK Lanal Kendari yang dibantu Tim Kesehatan KKP dan Dinkes Provinsi langsung memeriksa satu persatu dari TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat), operator pelabuhan maupun penumpang yang berada di pelabuhan Bungkutoko.

Balai Kesehatan Lanal Kendari menggelar rapid test massal pengguna jasa pelabuhan. (Istimewa)

Dalam kegiatan ini, sejumlah 163 orang mengikuti rapid test yang terdiri dari TKBM, Pelindo, KPLP, Kementrian Perhubungan, ABK,Pedagang pelabuhan dan TNI-Polri yang bertugas di pelabuhan.

Ke depan pelaksanaan rapid test massal ini akan dilanjutkan di pelabuhan-pelabuhan lain di Wilayah Sultra.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala KSOP Kota Kendari Letkol Mar Benyamin Ginting dan dr Wahyuni dari dinas KKP kelas II Kendari. (Adv)

Penulis : Haerun

Facebook Comments