RTRW Buteng Resmi Disahkan

929
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) akhirnya memiliki Peraturan Daerah (Perda) Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Perda yang disahkan pada 22 Mei 2020 ini berlaku untuk 20 tahun kedepan.

Perjuangan menciptakan Perda RTRW ini mencatatkan prestasi tersendiri bagi Pemkab Buteng. Pasalnya, Buteng merupakan satu-satunya Daerah Otonom Baru (DOB) di Sultra yang telah berhasil menyusun Perda RTRW.

- Advertisement -

“Ini menjadi sebuah kesyukuran bagi kita. Buteng sebagai Daerah Otonom Baru di Sultra yang sudah memiliki Perda RTRW,” kata Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Buteng, Sahirun di ruang kerjanya, Jumat 29 Mei 2020.

Kata dia, penyusunan Perda RTRW menghabiskan waktu yang cukup lama hingga empat tahun dan satu bulan. Lamanya penyusunan ini karena butuh keseriusan. Paslanya, RTRW menjadi dasar dan pondasi pembangunan suatu daerah.

Dalam penyusunan Perda RTRW, lanjut dia, prosesnya mulai dari memasukan dokumen ke Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR). Kemudian direkomendasikan ke Badan Informasi Geospasial (BIG) melalui seleksi ketat. Dari BIG dikembalikan lagi ke Kementerian ATR lalu dilanjutkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Jadi prosesnya panjang. Jadi tidak heran bila waktu penyusunan memakan waktu lama hingga bertahun-tahun,” tuturnya.

Dia menambahkan, Perda RTRW ini berlaku selama 20 tahun. Namun apabila ada hal yang dinilai urgent maka tiap lima tahun dapat direvisi.

Menurut Sahirun, Perda ini sudah bisa diakses oleh publik. Dalam Perda termuat jelas rencana pembangunan tiap kecamatan yang ada di Buteng.

Perda RTRW ini juga, jelas Sahirun, menjadi kado ulang tahun Buteng ke-6. Dengan adanya Perda ini maka skoring Buteng otomatis akan bertambah utamanya terkait percepatan daerah tertinggal di Kemendagri.

“Kita otomatis bertambah skoringnya untuk Sultra dan sudah otomatis DOB yang lain pasti akan kita lewati,” katanya.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...