Warga Positif Corona di Buteng Bertambah

995
 

Labungkari, Inilahsultra.com – Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Buton Tengah (Buteng) mencatat 22 kasus terkonfirmasi positif Corona hingga Kamis 28 Mei 2020. 22 kasus tersebut sudah termasuk empat tambahan baru.

“Kemarin kita ada tambahan empat kasus baru. Sehingga total menjadi 22 kasus,” ungkap Juri Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Buteng Kasman didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Muh Yusuf di Sekretariat Bersama Gugus Tugas Covid-19 Buteng, Jumat 29 Mei 2020.

- Advertisement -

Kepala Dinas Kesehatan Buteng ini merinci, tambahan baru tersebut tersebar di tiga kecamatan yakni Kecamatan Sangia Wambulu dua orang, Kecamatan Lakudo satu orang dan Kecamatan Talaga Raya satu orang.

Kasman mengungkapkan, sebenarnya ada 10 sampel Swab Test yang dikirimkan untuk diperiksa. Namun baru yang hasilnya telah keluar.

“Enam lainnya kita masih menunggu hasilnya,” katanya .

Kasman mengatakan, sebelum hasil swab di keluarkan mereka sudah dikarantina tepatnya sejak rapid tes dinyatakan reaktif. Tempat karantina disediakan Gugus Tugas Kecamatan bekerjasama Puskesmas setempat. Mereka semua masuk dalam klaster KM Dorolonda.

“Empat orang yang dinyatakan positif termasuk klaster Dorolonda. Sedang klaster Ngapulu secara keseluruhan sudah dilakukan pemeriksaan,” jelasnya.

Hingga saat ini, Gugus Tugas Covid-19 Buteng terus intens menjaring kasus sebanyak-banyaknya sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19. Semua kontak erat pasien sudah dilakukan pemeriksaan.

“Memang masih ada juga yang menolak untuk diperiksa, tapi tim gugus terus memberikan edukasi kepada warga untuk bersama memutus penyebaran virus ini,” terangnya.

Kasman menambahkan, pada Kamis 28 Mei 2020, tim juga telah melakukan hasil Swab Test pertama kepada 17 orang yang telah dinyatakan positif sebelumnya. Ditambah 12 orang dengan rapid tes reaktif.

“Besok juga kita akan lakukan swab kedua untuk konfirmasi kesembuhan kepada 17 orang yang sudah menjalani karantina sebelumnya karena besok ada jadwal kapal. Kita sudah koordinasi dengan provinsi, bahwa jarak swab untuk konfirmasi kesembuhan bisa dua atau tiga hari,” terangnya.

Ia berharap, hasil dua kali swab 17 orang yang telah menjalani karantina dinyatakan negatif. Sebab konfirmasi kesembuhan harus dua kali swab dengan hasil negatif berturut-turut.

Hingga saat ini penyebaran covid 19 di Buteng sudah merata di tujuh kecamatan yakni Kecamatan Mawasangka Timur dua orang, Mawasangka Tengah 10 orang, Mawasangka empat orang, dan Kecamatan Gu dua orang.

Penambahan baru positif tersebar di tiga kecamatan lainnya antara lain Kecamatan Sangia Wambulu dua orang, Lakudo satu orang, dan Kecamatan Talaga Raya satu orang.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...