Tuntut Kompensasi, Warga Desa Konut Blokir Jalan Hauling Tambang

713
 

Kendari, Inilahsultra.com – Menuntut kompensasi yang belum dibayarkan, puluhan warga Desa Marombo Pantai Kabupaten Konawe Utara (Konut) memblokir jalan hauling yang sering dilewati perusahaan tambang nikel milik PT Konawe Nikel Nusantara (KNN) dan PT Elit Karisma Utama (EKU) di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pemblokiran jalan hauling itu terjadi pada Selasa, 2 Juni 2020. Aksi pemblokiran buntut kekecewaannya warga setempat. Sebab, lahan mereka diserobot untuk pembuatan jalan dan tidak diberikan kompensasi atau pekerjaan sesuai komitmen sebelumnya oleh pihak perusahaan.

- Advertisement -

Warga beramai-ramai melakukan pemblokiran jalur masuk perusahaan tambang yang ada di Desa Marombo Pantai. Mereka tidak akan membuka blokir jalan tersebut, sampai tuntutan mereka terpenuhi.

Pengakuan dari Kepala Desa, Imran Kamal mengatakan, total lahan warga yang telah diambil oleh PT KNN dan PT EKU sebanyak 105 hektare.

Berdasarkan informasi, perusahaan tersebut telah melakukan aktivitasnya sejak 2009 silam. Bahkan, sudah dua kali mengeluarkan vessel atau pengapalan.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Konawe Utara, Muhammad Aidin mengaku, telah memanggil pihak perusahaan untuk diberi teguran dan diminta agar legalitasnya dibenahi.

“Kepada perusahaan, agar menyelesaikan kewajibannya terhadap masyarakat,” tegas Aidin.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...