Lima Nelayan Buton Selatan Ditemukan Selamat Usai Berenang 61 Kilometer

2305
 

Kendari, Inilahsultra.com – Tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian terhadap lima nelayan yang dikabarkan hilang di perairan Wakatobi, Kamis 4 Juni 2020. Lima Nelayan itu ditemukan dalam keadaan selamat.

Kelimanya selamat usai berenang sejauh 34 nautical mile atau sekitar 61 kilometer dari pertama kali tenggelam di Perairan Wakatobi.

- Advertisement -

Kelimanya ditemukan warga terdampar di Pantai Kabupaten Buton Utara usai berenang menggunakan jeriken.

Hilangnya nelayan tersebut, berawal dari KM Dua Putri dilaporkan mengalami kebocoran dinding bawah kapal (lambung) di sekitar perairan Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa 2 Juni 2020, sekira pukul 11.40 WITa.

Kepala Basarnas Kendari, Aris Sofingi menjelaskan, awalnya pihak Basarnas Kendari menerima informasi dari salah satu Person On Board (POB) yang berada di KM Dua Putri bernama Yusri.

“Jumlah POB tujuh orang, kapal tersebut merupakan kapal pencari ikan dengan rute Batu Atas-Pulau Buru,” kata Arie Sofingi.

Kemudian, dalam perjalanan, kapal tersebut mengalami kebocoran dinding bawah kapal di sekitar perairan Wakatobi. Jarak Lokasi Kejadian Kecelakaan (LKK) dengan pos SAR Wakatobi sekitar 23 NM. Setelah menerima laporan itu, tim rescue pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju LKK dgn menggunakan RIB untuk memberikan pertolongan.

“Keesokan harinya, 3 Juni 2020, sekira pukul 19.30 WITa, dua POB ditemukan dalam keadaan selamat. Dua yang ditemukan itu bernama La Ariwin alias Wiwin (21) dan La Ode Sarfin alias Ali Pini (21),” sambungnya.

Lalu, kedua nelayan tersebut dievakuasi ke Polsek Kulisusu, Kabupaten Buton Utara (Butur). Dihari yang sama, sekira pukul 22.00 WITa, satu nelayan kembali ditemukan bernama Arfan alias La Pani. Ia ditemukan di Pantai Mowuwu Desa Linsowu dan langsung dievakuasi ke RSUD Buton Utara.

“Hari ini, sekira pukul 10.19 WITa, dua nelayan bernama La Kaslin (37) dan La Lulu (30) ditemukan di Pantai Kusi, Desa Kadacue, Kecamatan Kulisusu, Buton Utara dan langsung dievakuasi di RSUD Butur,” ujarnya.

Pencarian lima nelayan itu, alutista yang digunakan yakni Pesawat Boeing 737-200 Intai Strategis milik TNI AU, RIB Pos SAR Wakatobi, Speedboat Polair Wanci, Perahu Nelayan, Rescue Car. Dengan ditemukannya lima POB KM Dua Putri, maka operasi SAR dinyatakan selesai dan ditutup.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...