Anak Mulai Sekolah di Tengah Pandemi, Orang Tua Siswa Belum Siap Mental

897
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah berencana membuka aktivitas belajar mengajar di sekolah di tengah pandemi. Namun, orang tua siswa belum siap mental mengizinkan siswanya untuk masuk sekolah.

“Secara mental orang tuanya belum siap mengizinkan anaknya kembali sekolah karena pandemi ini belum diprediksi kapan berakhir,” kata La Sensu, Minggu 7 Juni 2020.

- Advertisement -

Selain itu, lanjut dosen Hukum Tata Usaha Negara ini, pemerintah belum memberikan jaminan terhadap keselamatan anak-anak jika mengikuti pelajaran sebagaimana mestinya.

“Kesiapan penyelenggara pendidikan belum siap dan belum menyatakan ada jaminan,” katanya.

Ia menyebut, belajar mengajar adalah bagian dari tuntutan sistem pendidikan nasional. Hanya saja, jaminan kesehatan anak di tengah pandemi belum dilakukan pemerintah.

Selama ini, kata dia, siswa belajar lewat sistem daring. Hal ini, menurutnya, cukup dilanjutkan dengan menginovasi metode pembelajaran di tengah pandemi.

“Penyelenggaraan pendidikan di sekolah mau dibuk, tapi benturannya pada protkol kesehatan yang pemerintah belum bisa berikan jaminan dari penyebaran covid-19 ini,” ujarnya.

Ia menyebut, apa gunanya belajar mengajar dilaksanaka di sekolah lantas mengancam jiwa siswa. Terlebih, banyak kasus virus corona, pasien yang terinfeksi menunjukkan tanpa gejala.

“Kita belajar dari Perancis saat buka sekolah, 70 siswa terinfeksi virus. Yang ini ditakutkan oleh orang tua siswa,” imbuhnya.

Ia berharap, pemerintah mengurunkan niatnya untuk membuka proses belajar mengajar di sekolah sebelum memberikan jaminan keselamatan peserta didik.

Penulis : Onno

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...