Konawe Utara Deteksi Kasus Pertama Virus Corona Dua Orang Sekaligus

1436
 

Kendari, Inilahsultra.com – Kabupaten Konawe Utara menjadi daerah ke 16 di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang ditemukan kasus virus Corona.

Di daerah yang dipimpin Ruksamin ini, dua orang warga teridentifikasi terinfeksi virus Corona berdasarkan laporan Gugus Tugas Covid-19 Sultra.

- Advertisement -

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sultra La Ode Rabiul Awal menjelaskan, pada hari ini, Minggu 14 Juni 2020, ada penambahan empat kasus baru di Sultra.

Terdiri dari, dua orang asal Konawe Utara, masing-masing satu orang dari Kota Kendari dan Konawe Selatan.

“Ini adalah kabupaten dengan kasus sebaran pertama kali,” kata Rabiul Awal.

Ia menyebut, keempat kasus ini merupakan klaster sporadis yang tidak ditahu dimana terinfeksi.

“Keempat kasus baru ini metode penyebarannya tidak jelas lagi,” imbuhnya.

Dengan tambahan empat kasus baru ini, maka total kasus di Sultra sebanyak 238 kasus.

Selain tambahan empat kasus baru, Gugus Tugas juga melaporkan adanya penambahan tujuh kasus sembuh yang terdiri dari Kota Kendari empat orang dan Kota Baubau tiga orang.

“Total kasus sembuh sebanyak 179 orang atau 69,1 persen,” katanya.

Sementara pasien yang dinyatakan meninggal sebanyak 5 orang dan menjalani isolasi sebanyak 81 orang.

“Hasil pemeriksaan pasien sembuh maupun positif diperoleh dari hasil tes PCR laboratorium RSU Bahteramas Kendari,” jelasnya.

Ia menyebut, angka kesembuhan pasien terus mengalami peningkatan meskipun di sisi lain terjadi penambahan kasus yang tidak terlalu signifikan.

Untuk itu, ia berharap agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dan gugus tugas kabupaten atau Kota tetap melakukan edukasi, pencegahan dan deteksi kontak erat kepada pasien.

Selama ini Pemda Konawe Utara sangat ketat terhadap warga yang hendak keluar masuk daerah itu. Warga yang boleh masuk hanya yang beridentitas Konawe Utara.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...