Rusun ASN Buton Akan Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Covid-19

227
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton terus berupaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Bumi penghasil Aspal tersebut. Salah satunya adalah menjadikan Rumah Susun (Rusun) Takawa sebagai rumah sehat untuk mengkarantina pasien Covid-19.

Rusun yang selama ini diperuntukan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab Buton itu akan dijadikan sebagai tempat isolasi terpusat bagi pasien virus Corona di Kabupaten Buton.

- Advertisement -

“Rusun menjadi alternatif untuk mengisolasi pasien yang positif disatu tempat, apalagi rusun memiliki areal yang nyaman agar pasien cepat sembuh,” kata Wakil Bupati Buton, Iis Elianti ketika mengunjungi persiapan tempat karantina di Rusun Takawa, Senin 15 Juni 2020.

Rusun memiliki kamar sebanyak 50 tersebut bakal dijadikan tempat isolasi terpusat bersama. Sedangkan RSUD dan Eks Kantor Bupati Buton digunakan sebagai tempat karantina bagi para pemudik/pelaku perjalanan.

Iis juga menjelaskan, Rusun memiliki ruang yang tersekat-sekat sehingga akan memudahkan pemerintah daerah dalam hal ini Satgas Covid 19 Buton melakukan perawatan. Sehingga semua pasien nanti dapat segera sembuh.

Direncanakan, lanjut Iis, lantai 2, 3 dan 4 akan digunakan sebagai ruang perawatan pasien Covid, baik yang positif maupun OTG dan PDP. Sementara lantai satu akan digunakan tim medis dan Satgas Covid 19.

“Dengan dikonsentrasikan di Rusun maka pasien Covid, PDP maupun OTG akan diisolasi bersama sehingga virus ini tidak menyebar,” terang Iis.

Politikus PAN Buton ini berharap, dokter dan perawat tidak terlalu kelelahan untuk menangani pasien Corona. Sehingga keselamatan tenaga medis dapat terjamin.

“Rusun ini diharapkan jadi rumah sehat untuk para pasien,” katanya.

Sekda Buton Laode Zilfar Djafar mengatakan, dengan dipusatkannya tempat isolasi bagi pasien Covid maka dapat membantu pasien agar segera pulih. Begitu juga keselamatan tim medis.

“Rusun memiliki tiga pintu masuk. Ketiga pintu masuk tersebut akan digunakan oleh pasien dan tenaga medis dan Satgas Covid. Selain itu Rusun juga dilengkapi dengan fasilitas olahraga, sehingga para pasien bisa berolahraga dan berjemur di pagi hari,” ujarnya.

Pemkab Buton, akan menanggung kebutuhan pasien yang dikarantina, termasuk pihak PDAM akan memasok kebutuhan air bersih.

“ASN yang menempati rusun selama ini akan dipindahkan, sebab Rusun nantinya hanya dikhususkan untuk pasien, tenaga medis dan Satgas Covid-19,” urainya.

Bupati Buton rencananya akan melaunching Rusun tersebut sebagai rumah sehat Covid-19 di Kabupaten Buton.

Reporter: LM Arianto

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...