34 Tambahan Kasus Baru di Sultra Mayoritas dari Buton

1163
 

Kendari, Inilahsultra.com – Gugus Tugas Covid-19 Sultra kembali melaporkan tambahan empat kasus baru virus corona di Bumi Anoa, Kamis 18 Juni 2020.

Ke 34 kasus baru itu mayoritas dari Kabupaten Buton sebanyak 30 orang. Kemudian sisanya satu orang dari Kota Kendari, Bombana dua orang dan Kolaka Timur satu orang.

- Advertisement -

“Dengan demikian total kasus terkonfirmasi positif di Sultra sebanyak 326 kasus,” kata Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sultra La Ode Rabiul Awal.

Ia menyebut, dari 30 pasien terkonfirmasi positif baru di Kabupaten Buton, 27 di antaranya adalah kontak erat kasus keempat di Buton.

Kasus keempat ini merupakan kontak langsung dengan pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal sebelumnya dan dinyatakan positif corona.

“Ini merupakan klaster baru penularan,” katanya.

Satu kasus di Kota Kendari, merupakan kasus sporadis.Pasien ini dinyatakan positif setelah mengurus surat perjalanan ke luar daerah berupa hasil swab.

Hal yang sama terjadi dua pasien positif baru di Bombana yang diperoleh berdasarkan hasil rapid test reaktif dan dilakukan swab dinyatakan positif.

Sementara satu kasus di Kolaka Timur merupakan kontak erat pasien terakhir yang dinyatakan positif.

Dengan tambahan 34 kasus baru ini, maka total pasien yang masih menjalani perawatan atau isolasi sebanyak 118 orang.

Untuk pasien sembuh tidak ada penambahan tetap 203 orang dan meninggal dunia tetap lima orang.

Terhadap kasus baru yang melonjak tajam ini, Rabiul mengimbau masyarakat yang tengah beraktivitas untuk tetap mematuhi protokol kesehatan utamanya di tempat keramaian.

“Kepada gugus tugas Kabupaten dan kota untuk terus melakukan edukasi, pencegahan, penelusuran dan deteksi di daerah masing-masing,” pungkasnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...