Pemda Konkep Salurkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya

897
Bupati Konkep Amrullah menyerahkan secara simbolik bantuan stimulan perumahan swadaya. (Sadaruddin/Inilahsultra.com)
Bacakan

Konkep Inilahsultra.Com – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dan Dinas Perumahan Rakyat serta Bank Mandiri menyalurkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang bersumber dari dana APBN dan Bank Dunia.

-Advertisements-

Penyaluran bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Konkep Amrullah, didampingi Wakil Bupati Konkep Andi Muhammad Lutfi, beberapa kepala OPD dan perwakilan Bank Mandiri serta pihak DPRD Konkep.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Konkep, Danyal menyebut, bantuan ini terbagi dua yakni melalui UTBN dan PUPR sebanyak 150 rumah yang terbagi di tiga kecamatan yang ada di Konkep.

-Advertisements-

“Yang pertama Kecamatan Wawonii Tengah, yaitu Desa Mekar Sari 20 rumah dan Desa Wawoindah 20 rumah. Kecamatan Wawonii Barat, Desa Langara Tanjung Batu 50 rumah. Wawonii Tenggara tiga desa, Desa Tononggito 20 rumah kemudian Desa Waturai 20 rumah dan Kelurahan Polara 20 rumah, ini program dari kementrian PUPR”, terangnya dalam sambutan, Kamis 18 Juni 2020.

Lanjut Danyal, selain dari kementrian PUPR, Konkep juga mendapatkan bantuan dari Bank Dunia melalui Bank Mandiri berjumlah 170 rumah yang tersebar di lima titik.

“Yang pertama di Kelurahan Langara Laut 50 rumah, kemudian di Desa Langara Indah 50 rumah, Desa Langara Tanjung Batu tambahan tadi 20 rumah, kemudian Desa Kawa Kawali 25 rumah dan Desa Wawobili 25 rumah, jumlahnya 170 rumah,” tandasnya.

Mantan Kepala Sekolah SMAN 1 Langara itu menambahkan bantuan tersebut disalurkan melalui Bank Mandiri. Setiap rumah mendapatkan bantuan Rp 17,5 juta. Sebanyak Rp 15 juta untuk pembelian bahan bangunan dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang.

Sementara itu, Bupati Konkep Amrullah menyebut, melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) pihaknya berupaya menjawab percepatan pengentasan kemiskinan di bidang perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Konkep.

“Dengan program BSPS ini dapat memperbaiki rumahnya, baik yang rusak sedang maupun rusak berat sehingga dapat menempati rumah yang sehat dan layak huni,” tuturnya.

Program BSPS strategis harus selesai Agustus, sementara bantuan dari Bank Dunia ditargetkan rampung Desember.

Penulis : Sadaruddin

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...