Rute Kedatangan TKA China Gelombang Pertama ke Kendari

1290
Ilustrasi TKA China

Kendari, Inilahsultra.com Sebanyak 500 tenaga kerja asing (TKA) asal China akan didatangkan ke Sulawesi Tenggara sebanyak tiga gelombang.

Gelombang pertama akan tiba pada 23 Juni 2020 dengan total 152 orang TKA ditambah 4 tenaga medis dari Indonesia.

- Advertisement -

Pada gelombang pertama ini akan terbang dari Guangzhou China ke Malaysia. Kemudian, akan masuk ke Indonesia melalui Manado pada 22 Juni dan terbang ke Kendari pada 23 Juni 2020 melalui Bandar Udara Halu Oleo Kendari.

“Informasinya begitu. Dari China, ke Malaysia, terus ke Manado dan Kendari,” kata Eksternal Affairs Manager PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) Indrayanto ditemui di Kendari, Kamis 18 Juni 2020.

Indra menyebut, seluruh TKA yang didatangkan ini merupakan tenaga ahli yang akan mengerjakan pembangunan 33 tungku smelter di PT VDNI.

Mereka akan bekerja selama enam bulan sesuai masa kontraknya dan kemudian akan kembali ke negara asalnya.

Sementara itu, Human Resources Development (HRD) Manager PT VDNI, Ahmad Saekuzen mengklaim, seluruh TKA yang akan didatangkan secara bertahap nanti sudah memenuhi syarat.

“Kedatangan 500 TKA ini sesuai aturan hukum dan prosedur yang ada di negara kita,” jelasnya.

Ia menyebut, 500 TKA ini menggunakan visa kerja bukan visa kunjungan seperti yang diberitakan selama ini. Visa kerja dimaksud adalah visa 312 bukan visa 211 atau visa kunjungan.

Ia juga menyebut, TKA yang datang ini adalah tenaga ahli di bidangnya. Hanya saja, Ahmad tidak menyebut keahlian bidang apa yang dimaksud.

Penulis : Pandi

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...